Pelamar Kerja Wajib Cek! Ini Cara Nego Gaji Auto Diterima

Ilyas Fadilah - detikFinance
Sabtu, 21 Mei 2022 13:00 WIB
Two Business Colleagues With an Application Form Conducting an Interview at a Table
Pelamar Kerja Wajib Cek! Ini Cara Nego Gaji Auto Diterima/Foto: Thinkstock
Jakarta -

Pelamar kerja punya banyak keuntungan saat negosiasi gaji. Linda Babcock, seorang profesor ekonomi di Carnegie Mellon University menyebut jika banyak faktor ekonomi yang memungkinkan pelamar untuk negosiasi gaji.

"Banyak faktor ekonomi yang relevan untuk negosiasi gaji saat ini," kata Linda dikutip dari CNN, Sabtu (21/5/2022). Menurut Linda salah satu faktornya adalah peningkatan inflasi dan kekurangan jumlah pekerja.

Linda menyebut saat ini ada dua pekerjaan yang tersedia bagi para pencari kerja. Hal ini memberi mereka kekuatan untuk melakukan negosiasi.

Terkait dengan hal ini, berikut beberapa cara negosiasi gaji yang disarankan oleh para ahli.

Jangan Langsung Sebut Nominal

Pertanyaan tentang nominal gaji kerap muncul di awal-awal wawancara. Menurut CEO Consulting Kate Dixon dalam beberapa bulan terakhir perusahaan mengajukan pertanyaan gaji lebih awal dari sebelumnya. Namun Dixon tidak menyarankan pelamar untuk langsung menyebut angka.

Ia merekomendasikan peserta untuk menanyakan dulu tentang gambaran pekerjaan. Atau, pastikan kisaran gaji rata-rata untuk posisi yang dilamar. Jika sulit menjawab maka jangan memberikan nominal angka.

Bagaimana jika negosiasi gaji tak sesuai ekspektasi? Cek di halaman berikutnya.