Pra-KTT Y20, Milenial Diajak Wujudkan Planet Layak Huni

Ignacio Geordi Oswaldo - detikFinance
Senin, 23 Mei 2022 10:30 WIB
PLTA Baihetan
Foto: Xinhua via Global Times
Jakarta -

Delegasi Pra-KTT Youth 20 (Y20) menyerukan pentingnya generasi muda dalam mewujudkan planet yang berkelanjutan dan layak huni. Dalam forum yang digelar di Balikpapan, Kalimantan Timur, Sabtu (21/5/2022) ini, perwakilan anak muda G20 termasuk delegasi negara undangan serta pemuda Kalimantan, membahas bagaimana menciptakan isu planet berkelanjutan dan layak huni.

Co-Chair Y20 Indonesia 2022 Indra Dwi Prasetyo menuturkan bahwa cara manusia hidup di bumi, baik itu penggunaan sumber daya dan produksi limbah yang berlebihan maupun ekonomi linier dinilai perlu diubah.

"Kekuatan, suara, networking dan koneksi anak muda perlu dimanfaatkan oleh forum ini untuk membantu membangun kembali koneksi dengan alam demi masa depan yang berkelanjutan untuk semua," ungkap Indra, Senin (23/5/2022).

Dalam forum tersebut, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya mengatakan bahwa generasi muda memiliki peran besar dalam mengatasi krisis lingkungan saat ini.

Dia melanjutkan Forum Y20 diharapkan dapat mendorong penerapan model ekonomi sirkular, memperkuat kemitraan antara negara-negara G20. Selain itu, generasi muda juga dipercaya mampu menciptakan lingkungan yang aman, inklusif, berkelanjutan, dan layak untuk semua.

Pentingnya keterlibatan anak muda dalam aksi iklim juga ditekankan oleh Satu Kahkonen, World Bank Country Director for Indonesia and Timor Leste. Kahkonen menyatakan generasi muda diharapkan dapat menyampaikan pembahasan terkait isu planet berkelanjutan dan layak huni kepada pemimpin dan pemerintah G20.

"Kami juga mengandalkan inovasi dan semangat generasi muda agar kita membangun bersama bumi yang berkelanjutan dan layak huni untuk semua," ungkap Kahkonen.