Susu Formula 'Rare' di AS, Emak-Emak RI Nggak Perlu Ikut Panik

Shafira Cendra Arini - detikFinance
Senin, 23 Mei 2022 16:03 WIB
Ilustrasi Susu Formula
Foto: Getty Images/iStockphoto/dragana991
Jakarta -

Fenomena kelangkaan produk susu formula bayi tengah melanda Amerika Serikat. Para ibu di negeri Paman Sam tersebut kini panik mencari alternatif untuk tetap dapat memberikan suplai nutrisi bagi balitanya.

Salah satu penyebab dari kejadian tersebut ialah adanya penarikan sejumlah produk akibat tercemari Bakteri Salmonella dan Cronobacter. Produk yang ditarik ini merupakan produksi dari Abbott Laboratories, produsen besar susu formula di AS.

Berita tersebut menyusul laporan bahwa seorang bayi terinfeksi Cronobacter sakazakii setelah terpapar susu formula bubuk, dan akhirnya meninggal.

Lantas bagaimana dengan susu formula di Indonesia?

Melihat fenomena yang terjadi di AS tersebut, Ketua Gabungan Koperasi Produksi Susu Indonesia Dedi Setiadi mengatakan bahwa dirinya yakin pencemaran bakteri Salmonella pada susu bayi tidak akan terjadi di Indonesia selama SOP produksi dijalankan dengan baik.

"Selama pemilihan bahan baku yang tepat, pengolahan yang higienis dan menerapkan SOP yang ketat nggak deh, Indonesia kira-kira aman," kata Dedi kepada detikcom, Kamis (12/5/2022).

Dedi menjelaskan bahwa bakteri Salmonella itu bukan bakteri yang berasal dari susu, melainkan bakteri yang berasal dari luar yang mencemarkan susu.

"Bukan bakteri susunya, tapi dari cemarannya, bisa dari air, bisa dari kotoran sapinya dan lain-lain. Bisa kena itu," tuturnya.

Bersambung ke halaman selanjutnya.