Jokowi Ajak Negara Asia Pasifik Percepat Distribusi Vaksin COVID-19

Aldiansyah Nurrahman - detikFinance
Senin, 23 Mei 2022 17:50 WIB
Presiden Jokowi
Presiden Joko Widodo (Jokowi)/Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan pandemi COVID-19 memiliki dampak yang besar ke kawasan Asia Pasifik, termasuk ke sektor ekonomi. Jokowi meminta penanganan pandemi harus dilanjutkan dengan mendorong vaksinasi di negara-negara Asia Pasifik.

Namun, masalah distribusi vaksin COVID-19 terjadi. Untuk itu, ia meminta dukungan dari Komisi Ekonomi dan Sosial Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk Asia dan Pasifik (United Nations Economic and Social Commission for Asia and the Pacific/UNESCAP) mengatasi persoalan ini.

UNESCAP merupakan organisasi Perserikatan Bangsa-Bangsa yang bergerak di bidang pembangunan ekonomi dan sosial di kawasan Asia Pasifik. UNESCAP bertujuan memberikan solusi-solusi terhadap tantangan ekonomi dan pembangunan kepada negara anggotanya.

"UNESCAP dapat mendukung terbentuknya jaringan fasilitas produksi dan distribusi vaksin regional mengatasi tantangan logistik dan mempersingkat rantai pasok," ujarnya dalam momen ulang tahun UNESCAP yang ke-75 yang disiarkan melalui saluran YouTube Sekretariat Presiden, Senin (23/5/2022).

Jokowi mengatakan penanganan pandemi COVID-19 harus dilanjutkan dan kesenjangan vaksinasi di kawasan harus ditutup. Kawasan ini memiliki negara dengan pencapaian vaksinasi tertinggi dan juga terendah di dunia.

"Keberhasilan vaksinasi menentukan reaktivasi nasional dan konektivitas dengan perekonomian dunia," ujarnya.

(ara/ara)