Fenomena Susu Formula 'Rare' Sampai Bikin Emak-emak AS Panik

Shafira Cendra Arini - detikFinance
Selasa, 24 Mei 2022 08:05 WIB
Empty shelves show a shortage of baby formula at a Walgreens store in San Antonio, Texas, U.S. May 10, 2022. REUTERS/Kaylee Greenlee Beal
Foto: REUTERS/Kaylee Greenlee Beal
Jakarta -

Amerika Serikat saat ini tengah mengalami kelangkaan susu formula. Para ibu di AS kini panik melihat rak-rak persediaan kosong di pusat perbelanjaan.

"Anda merasa kalah karena seharusnya bisa memberi makan anak-anak Anda sedangkan Anda tidak bisa karena tidak punya apa-apa," kata Brady, salah seorang ibu yang memiliki putri berusia 15 bulan dan putra berusia dua bulan yang baru diadopsi, dilansir dari BBC, Kamis (19/05/2022).

Brady dan kedua anaknya termasuk di antara jutaan keluarga Amerika yang berjuang untuk memberi makan anak-anak mereka di tengah kekurangan susu formula secara nasional.

Beberapa di antara mereka merasa sangat putus asa sehingga mereka mencoba membuat pengganti susu formula sendiri. Pencarian Google untuk cara membuat formula di rumah telah meningkat 2400% dalam 30 hari terakhir, menurut Google Trends.

Analisis yang dilakukan oleh perusahaan riset ritel Datasembly menemukan bahwa 43% produk susu formula tidak tersedia secara nasional pada minggu pertama Mei, dan melonjak lebih tinggi di negara bagian seperti Tennessee, Texas, dan Iowa.

Di San Antonio, tempat Brandy tinggal, kekurangannya adalah 57% pada akhir April, menurut Datasembly dilansir dari BBC.

Untuk mengatasinya, Brandy mengatakan bahwa dirinya melihat banyak orang mengedarkan resep tahun 1950-an untuk membuat susu formula bayi. "Orang-orang dari generasi yang lebih tua mengatakan, 'Saya ternyata baik-baik saja,' tetapi banyak hal yang berbeda dari generasi yang lalu," katanya.

Dr. Steven Abrams, mantan Ketua American Academy of Paediatrics' Committee on Nutrition, juga telah melihat resep tahun 1950-an yang sama secara online dan sangat menyarankan untuk tidak menggunakannya, mengencerkan formula atau mencoba membuat pengganti buatan sendiri lainnya.

Bersambung ke halaman selanjutnya.

Simak Video: Eropa Kirim 32 Ton Susu Formula untuk Atasi Krisis di AS

[Gambas:Video 20detik]