Laporan dari Davos

Menkominfo Temui Bos Google, Ini yang Dibahas

Zulfi Suhendra - detikFinance
Selasa, 24 Mei 2022 08:15 WIB
Menkominfo Johnny G Plate bertemu Presiden Google Asia Pasifik Scott Beamount
Foto: Menkominfo Johnny G Plate bertemu Presiden Google Asia Pasifik Scott Beamount (Zulfi Suhendra/detikcom)
Davos -

Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate bertemu dengan Presiden Google Asia Pasifik, Scott Beamount. Keduanya membahas soal pengembangan kerja sama RI-Google yang sudah berjalan dan potensi kerja sama baru.

Hari ini saya bertemu dengan Executive dari Google. Kita berdiskusi soal pemanfaatan pengembangan ruang digital yang lebih bermanfaat di Indonesia.," ujar Johnny Plate kala ditemui di sela rangkaian acara World Economy Forum di Davos, Swiss, Senin (23/5/2022).

Johnny mengatakan, perkembangan ekonomi digital di Indonesia tumbuh pesat, apalagi saat pandemi Covid-19. Indonesia dan Google sudah bekerja sama cukup lama dan berkontribusi terhadap perkembangan ekonomi digital Indonesia.

"Google dan RI punya kerja sama di berbagai bidang termasuk di pengembangan SDM, peningkatan talenta digital, pemanfaatan sistem digital. Dengan kita memperluas jaringan infrastruktur hulunya kita, maka infrastruktur bhilirnya semakin bermanfaat," kata Johnny.

Sementara itu, Scott Beamount hal senada. Dia mengakui ekonomi digital di Indonesia tumbuh sangat pesat. Dia juga berharap pertumbuhan ini akan semakin tinggi di tahun-tahun yang akan datang.

"Kami berdua kembali membahas mengenai pertumbuhan ekonomi digital yang luar biasa. Kita berharap pertumbuhan ekonomi digital akan naik lagi 2 kali lipat sebelum 2025," tuturnya.

Scott juga menjelaskan mengenai kerja sama Indonesia dan Google dalam banyak hal seperti peningkatan capacity building, memberikan pelatihan internet of things (IoT), pelatihan mengembangkan bisnis, dan potensi kerja sama lainnya.

Scott melihat, Indonesia memiliki potensi sumber daya manusia yang sangat besar. Hal itu menjadi modal penting bagi Indonesia untuk mengakselerasi ekonomi.

"Potensi luar biasa yang Indonesia miliki, generasi muda, kewirausahaan, industri, hal itu menarik. Karena Pak Menteri mengatakan kita adalah pengembang platform. Dan platform itu bisa digunakan oleh orang Indonesia, pemilik usaha kecil, UMKM, pengusaha, dan semua ini tahu bagaimana cara menggunakan ekonomi digital, itu akan bisa membantu Indonesia ke depan," tutur Scott.

(zlf/dna)