DPR Panggil Bos Semen Indonesia, Bahas Kondisi Industri Terkini

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Selasa, 24 Mei 2022 15:37 WIB
Pabrik Semen
Foto: Angling Adhitya Purbaya
Jakarta -

Komisi VI DPR memanggil Direktur Utama PT Semen Indonesia (Persero) Tbk Donny Arsal siang ini. Ia dipanggil untuk rapat dengar pendapat membahas kinerja dan rencana kerja dan anggaran perusahaan (RKAP) tahun 2022, serta membahas industri semen nasional.

Rapat ini dipimpin Wakil Ketua Komisi VI Mohamad Hekal. Rapat dimulai sekitar pukul 14.30.

Donny menjelaskan, kondisi industri semen nasional pada 31 Desember 2021 masih kelebihan pasokan atau oversupply. Dia mengatakan, kapasitas nasional sebesar 119,1 juta ton.

Sementara, demand atau permintaan semen sebesar 65,2 juta ton. Sehingga, terjadi kelebihan pasokan sebesar 53,8 juta ton.

Donny berharap, pandemi segera berakhir sehingga kapasitas bisa bertambah.

"Kapasitas akan bertambah karena ada satu fasilitas lagi, kemungkinan izin lama yang bisa beroperasi tapi subject terhadap izin-izin lingkungan dan lain-lain sehingga ada penambahan 9 juta ton lagi diperkirakan," katanya.

Kemudian, diharapkan permintaan terus tumbuh ke depannya. Ia menuturkan, kelebihan pasokan semen masih akan berlangsung sampai 2030.

"Kita harapkan gap-nya itu semakin mengecil yang kita perkirakan 2030 itu sebesar 18,1 (juta ton). Jadi tetap terjadi oversupply tapi oversupply dalam kondisi semakin lama, semakin merapat atau semakin kecil," ujarnya.

(acd/dna)