Belajar Atur Duit dan Bisnis dari Bintang Basket Berharta Rp 3 T

ADVERTISEMENT

Belajar Atur Duit dan Bisnis dari Bintang Basket Berharta Rp 3 T

Shafira Cendra Arini - detikFinance
Kamis, 26 Mei 2022 09:00 WIB
MIAMI, FL - FEBRUARY 09: Dwyane Wade #3 of the Miami Heat looks on before the game against the Milwaukee Bucks at American Airlines Arena on February 9, 2018 in Miami, Florida. NOTE TO USER: User expressly acknowledges and agrees that, by downloading and or using this photograph, User is consenting to the terms and conditions of the Getty Images License Agreement. (Photo by Rob Foldy/Getty Images)
Dwyane Wade/Foto: Rob Foldy/Getty Images
Jakarta -

Tidak hanya gesit di dalam lapangan, juara NBA 3 kali Dwyane Wade juga jago berbisnis. Pebasket asal Chicago itu kini juga menyasar bisnis di luar lapangan basket.

Pensiunan NBA asal klub Miami Heat ini berinvestasi di perusahaan media dan produk konsumen.

"Ibu selalu mengatakan kepada saya bahwa hidup saya lebih besar dari bola basket," ujar Wade dalam sebuah video yang diunggah oleh CNBC berjudul 'How three-times NBA champion and entrepreneur Dwyane Wade manages his money,'.

Wade telah membeli saham ekuitas milik dua tim olahraga, antara lain Utah Jazz NBA pada April 2021. Dan pada Januari 2022 ia bergabung dengan eksekutif Blackstone David Blitzer sebagai salah satu pemilik klub MLS Real Salt Lake.

Tidak berhenti sampai disitu, Wade menjadi pembawa acara TV, "The Cube" di TBS, dan ikut mendirikan Budweiser Zero, merek ikonik sebuah produk bir non alkohol.

Ditambah lagi, Wade juga turut berkecimpung dalam pasar NFT bersama bisnisnya itu. Aktivitasnya tersebut bahkan tidak mengganggu kontraknya selama bermain di Florida Selatan.

"Salah satu perjanjian penting yang saya punya ialah Li-Ning. Saya adalah orang yang selalu mengambil kesempatan dan melakukan hal-hal yang berbeda," katanya.

Wade pensiun dari basket pada tahun 2019 dan memperoleh hampir US$ 200 juta atau setara dengan Rp 3 triliun (kurs Rp 14.606) selama 16 tahun karirnya di NBA.

Dengan kesuksesan finansial seperti itu, Wade telah belajar bagaimana membuat keputusan finansial yang strategis. "Ini semua merupakan proses dari hari ke hari. Anda akan mengalami hari yang menyenangkan dan juga hari yang buruk,"kata Wade.

Berikut beberapa tips mengelola uang dan bisnis yang bisa ditiru dari versi Wade:

1. Temukan seseorang yang Anda percayai. Anda dapat mempekerjakan orang untuk melakukan pekerjaan tersebut, tetapi siapa yang akan Anda percayai untuk menjadi mitra dalam membangun merek atau bisnis Anda?
2. Miliki Rencana. Kelola sumber daya Anda, ke mana uang Anda pergi, dan bagaimana Anda dapat mempertahankan di mana Anda berada.
3. Nikmati uang Anda. Ini bukan hanya tentang menabung, Anda juga harus menikmati uang Anda.

(eds/eds)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT