ADVERTISEMENT

Ratusan CPNS Mengundurkan Diri, Nasib Formasi yang Ditinggalkan Gimana?

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Jumat, 27 Mei 2022 14:40 WIB
Hasil SKD CPNS Kemenkumham 2021 Kapan Diumumkan? Berikut Serba-serbi Informasinya
Foto: Dok. Kementerian Perdagangan
Jakarta -

Publik dihebohkan dengan kabar banyaknya calon pegawai negeri sipil (CPNS) yang mengundurkan diri. Setidaknya ada ratusan CPNS yang mengundurkan diri.

Data Badan Kepegawaian Negara (BKN) menunjukkan ada sekitar 100 orang CPNS mengundurkan diri dari total 112.513 yang lolos seleksi dan memulai tahap penetapan.

Lalu bagaimana nasib dari formasi yang ditinggalkan CPNS yang mengundurkan diri ini?

Kepala Biro Hukum, Humas dan Kerja Sama BKN Satya Pratama menyatakan formasi yang ditinggalkan ini tidak akan bisa diisi kembali.

Formasi itu baru bisa diisi bila instansi yang bersangkutan mengusulkan kembali seleksi calon aparatur sipil negara (CASN). Baik dalam bentuk Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) maupun CPNS.

"Jadi kalau tidak terisi, maka kosong. Kalau mau diisi akan diusulkan kembali di seleksi CASN, khususnya CPNS, di kesempatan berikutnya," ungkap Satya kepada detikcom, Jumat (27/5/2022).

Posisi ini tidak bisa digantikan karena dalam prosesnya CPNS yang mengundurkan diri ini pada dasarnya sudah ditetapkan, bahkan sudah disiapkan Nomor Identitas Kepegawaian (NIP).

"Masalahnya mereka ini mengundurkan diri setelah mereka ditetapkan sebagai yang lulus dan mau mendapatkan NIP," kata Satya.

Satya bilang ada potensi posisi yang ditinggalkan oleh CPNS yang mengundurkan diri ini bisa digantikan pegawai PPPK. Hanya saja hal itu tergantung dari Analisa Jabatan dan Beban Kerja (Anjab dan ABK) masing-masing instansi.

"Kalau apakah bisa langsung diganti PPPK, itu tergantung dari Anjab dan ABK yang dibuat masing-masing instansi," pungkas Satya.



Simak Video "Ratusan CPNS Mengundurkan Diri Gara-gara Gaji hingga Kurang Motivasi"
[Gambas:Video 20detik]
(hal/das)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT