Terpopuler Sepekan

Rencana Balas Dendam Rusia yang Geram Disanksi Terus Menerus

Ilyas Fadilah - detikFinance
Sabtu, 28 Mei 2022 11:45 WIB
Intelijen AS: Penasihat Putin Beri Informasi Keliru tentang Perang di Ukraina
Vladimir Putin/Foto: DW (News)
Jakarta -

Sanksi bertubi-tubi yang diterima Rusia membuat Vladimir Putin Murka dan mengancam akan mengambil langkah balas dendam. Diketahui Rusia dihujani sanksi ekonomi setelah melakukan invasi ke Ukraina.

Salah satu aksi balas dendam yang diambil Putin adalah menghentikan pasokan gas alam ke negara Eropa. Rusia merupakan salah satu pengekspor gas dan energi terbesar ke beberapa negara di Eropa. Rusia hanya akan memberikan pasokan gasnya apabila negara-negara tersebut membayar gas dengan mata uang rubel.

Dalam laporan penelitian lembaga think tank Bruegel, negara-negara Eropa harus mempersiapkan diri jika Rusia benar-benar menghentikan aliran gasnya. Sederet dampak buruk membayangi negara Eropa bila benar-benar kehilangan pasokan gas dari Rusia. Mulai dari macetnya kegiatan ekonomi hingga orang-orang yang akan kedinginan.

"Uni Eropa akan menanggung biaya lebih besar untuk mendapatkan gas dan ada potensi hancurnya kegiatan ekonomi, pasokan listrik yang terganggu dan orang-orang kedinginan," kata peneliti Bruegel dikutip dari CNN.

Gas banyak digunakan untuk bahan bakar berbagai kebutuhan. Mulai dari industri sampai ke yang paling sederhana menyalakan penghangat ruangan di rumah-rumah

Sekadar informasi, saat ini 40% pasokan gas alam Eropa berasal dari Rusia. Aliran gas itu mengalir ke berbagai negara mulai dari Jerman, Austria, Hungaria, Slovenia dan Slovakia sampai Polandia.

Jika pengiriman gas dari Rusia terhenti. Maka Eropa akan kehilangan sekitar 10%-15% pasokannya, bahkan lebih.

Eropa juga mungkin akan terpaksa untuk menggunakan bahan bakar alternatif seperti batu bara dan pembangkit nuklir. Penggunaan batu bara disebut memiliki konsekuensi besar untuk iklim di dunia, apalagi Eropa sendiri menjadi pelopor untuk meninggalkan energi tak ramah lingkungan tersebut.

Sampai saat ini sendiri sudah banyak negara yang pasokan gasnya dihentikan Putin. Siapa saja?

Tonton Video: Militer Rusia Bombardir Kharkiv

[Gambas:Video 20detik]