100 Orang Mundur Jadi CPNS saat 8 Juta Warga RI Masih Nganggur

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Minggu, 29 Mei 2022 15:45 WIB
Infografis jumlah pengangguran di Indonesia
Foto: Infografis detikcom/M Fakhry Arrizal
Jakarta -

Sekitar 100 orang yang sudah lolos seleksi CPNS 2021 mengundurkan diri saat mau ditetapkan jadi abdi negara. Meski sudah berjuang keras dengan sederet seleksi yang ketat, orang-orang ini memilih melepaskan kesempatannya untuk bekerja untuk negara.

Kepala Biro Hukum, Humas dan Kerja Sama Badan Kepegawaian Negara (BKN) Satya Pratama mengungkapkan ada beberapa alasan peserta yang lolos CPNS 2021 malah mengundurkan diri. Paling banyak adalah gaji yang ternyata terlalu kecil hingga penempatan yang tidak sesuai.

"Kebanyakan memang tentang gaji, ada juga yang lokasi. Kebanyakan mungkin ada yang penempatan lokasinya jauh," kata Satya saat dihubungi detikcom, Kamis (26/5/2022) yang lalu.

Dari data BKN, ada sekitar 100 orang CPNS mengundurkan diri dari total 112.513 yang lolos seleksi dan memulai tahap penetapan.

Menjadi abdi negara sendiri menjadi pilihan banyak orang di Indonesia, mirisnya 100 orang ini justru mengundurkan diri setelah melalui tahap seleksi yang begitu banyak.

Mirisnya lagi, pengunduran diri dari CPNS ini dilakukan ketika masih banyak sekali orang di Indonesia butuh pekerjaan. Dalam catatan detikcom, setidaknya ada 8 juta lebih jumlah pengangguran terkini di Indonesia.

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat kondisi tingkat pengangguran terbuka (TPT) di Indonesia per Februari 2022 mencapai 5,83%. Jika dilihat secara jumlah orang pengangguran mencapai 8,40 juta orang.

Bila ditarik lebih jauh lagi, memang untuk bisa mendapatkan posisi sebagai aparatur sipil negara pun tidak mudah. Dalam catatan detikcom, satu posisi CPNS harus diperebutkan oleh sekitar 4 juta orang.

Datanya, ada sekitar 4 juta lebih pelamar calon aparatur sipil negara tahun 2022. Tepatnya ada sekitar 4.542.798 orang yang mengisi formulir seleksi CPNS dan PPPK lewat portal SSCASN.

Tahapan seleksinya pun panjang dan ketat. Dari 4 juta orang itu akan diseleksi dalam beberapa tahap, tahap pertama adalah seleksi administrasi, kemudian dilanjutkan tahap kedua seleksi kompetensi dasar atau SKD, lalu tahap terakhir seleksi kompetensi bidang (SKB).

Simak video 'Ratusan CPNS Mengundurkan Diri Gara-gara Gaji hingga Kurang Motivasi':

[Gambas:Video 20detik]



(hal/dna)