ADVERTISEMENT

PNS Siap-siap Ketiban Rezeki Lagi! Gaji ke-13 Cair Juli

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Selasa, 31 Mei 2022 14:00 WIB
ilustrasi THR
PNS Siap-siap Ketiban Rezeki Lagi! Gaji ke-13 Cair Juli/Foto: Dok.Detikcom
Jakarta -

Kabar baik bagi para abdi negara, gaji ke-13 PNS bakal tetap cair. Anggaran gaji ke-13 dipastikan tidak terdampak pemangkasan anggaran belanja kementerian dan lembaga yang diberlakukan oleh Kementerian Keuangan.

Kementerian dan lembaga diminta menyisihkan Rp 24,5 triliun untuk cadangan bila terjadi kebutuhan mendesak yang diakibatkan kenaikan harga komoditas energi dan pangan.

Direktur Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan Isa Rachmatarwata memastikan kebijakan itu tidak mengganggu gaji PNS, termasuk pencairan gaji ke-13 yang direncanakan cair Juli mendatang.

"Nggak ada (dampaknya ke gaji PNS dan pencairan gaji ke-13)," tutur Isa kepada detikcom, Senin (30/5/2022) kemarin.

Kapan Gaji ke-13 PNS Cair?

Jadwal pencairan gaji ke-13 tercantum dalam aturan yang diteken Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada April yang lalu. Tepatnya, pada Peraturan Pemerintah Republik Indonesia (PP) Nomor 16 Tahun 2022 tentang Pemberian Tunjangan Hari Raya dan Gaji Ketiga Belas kepada Aparatur Negara, Pensiunan, Penerima Pensiun, dan Penerima Tunjangan Tahun 2022.

Dalam pasal 12 ayat 1 beleid tersebut, dijelaskan gaji ke-13 paling cepat akan dibayar pada bulan Juli. Meskipun, tidak menutup kemungkinan akan dibayarkan setelah bulan Juli.

"Gaji Ketiga Belas sebagaimana dimaksud dalam Pasal 2 dibayarkan paling cepat pada bulan Juli," bunyi pasal 12 ayat 1 dikutip detikcom.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati pun sebelumnya sudah mengatakan gaji ke-13 bakal cair paling cepat dilakukan bulan Juli mendatang. Hal itu dikatakan olehnya saat melakukan Konferensi Pers THR dan gaji ke-13 PNS, Sabtu 16 April yang lalu.

"Untuk gaji ke-13 baru akan dibayarkan pada bulan Juli yang akan datang," tegas Sri Mulyani.

Lihat juga video 'Ratusan CPNS Mengundurkan Diri Gara-gara Gaji hingga Kurang Motivasi':

[Gambas:Video 20detik]



(hal/ara)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT