ADVERTISEMENT

23 Tahun Mengabdi, Bos Amazon Ini Akhirnya Resign

Ilyas Fadilah - detikFinance
Sabtu, 04 Jun 2022 11:30 WIB
Logo Amazon (AFP Photo)
Foto: Logo Amazon (AFP Photo)
Jakarta -

CEO Amazon Worldwide Consumer Dave Clark mengundurkan diri dari raksasa e-commerce ini setelah 23 tahun mengabdi. Berita pengunduran dirinya diumumkan langsung Amazon yang berlaku efektif sejak 1 Juli.

Dalam sebuai cuitan di Twitter, Clark menulis alasan dirinya pergi dari Amazon. "Saya memiliki waktu yang luar biasa di Amazon tetapi sudah waktunya bagi saya untuk membangun lagi. Itulah yang mendorong keputusan saya." katanya dikutip dari CNN, Sabtu (4/6/2022).

Selama di Amazon, Clark membantu perusahaan dalam membangun dan mengawasi jaringan logistik gudang yang sangat luas, termasuk truk ekspedisi, pesawat, dan kapal kargo. Aspek tersebutlah yang mempercepat waktu pengiriman dan membuat Amazon mendominasi pasar ritel online.

Kepergian Dave dilakukan setelah Amazon menghadapi rintangan baru, termasuk laju ekonomi yang melambat dan regulasi pengawasan yang semakin ketat. Secara khusus, segmen konsumen masih menghadapi ketegangan, sementara bisnis layanan cloud AWS terus menghasilkan keuntungan besar.

Selama Pandemi COVID-19, jumlah permintaan dan perekrutan meningkat tajam karena tingginya intensitas belanja online. Namun di bulan April, Amazon melaporkan perlambatan pertumbuhan dan pengeluaran yang lebih tinggi di kuartal pertama tahun ini. Akibatnya harga saham Amazon turun tajam.

Andy Jassy yang didapuk sebagai CEO AMAZON menggantikan Jeff Bezos mengatakan jika pandemi dan perang di Ukraina menghadirkan tantangan bisnis yang tidak biasa. Jassy mencatat perusahaannya terus bekerja di bawah tekanan inflasi serta masalah rantai pasok.

Dalam sebuah catatan kepada staf Amazon, Clark yakin jika perusahaan ini mampu melewati tantangan itu, termasuk selama pandemi COVID-19. ia pun percaya jika rencana multi-tahunan yang solid bisa menyelamatkan Amazon dari inflasi di tahun 2022.

Dalam catatannya hari Jumat, Clark tidak menyebutkan peran baru setelah meninggalkan Amazon. "Untuk sementara, saya telah mendiskusikan niat saya untuk menggantikan Amazon dengan keluarga dan orang-orang terdekat saya, Namun saya ingin memastikan bahwa tim (Amazon) disiapkan untuk sukses," tulis Clark.

(eds/eds)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT