ADVERTISEMENT

Formula E Digelar di Jakarta, Pengamat: Ada Gairah Ekonomi

Aldiansyah Nurrahman - detikFinance
Sabtu, 04 Jun 2022 13:30 WIB
Dalam foto yang dipotret pada tanggal 25 Mei 2022, terlihat sejumlah pekerja beraktivitas di area Sirkuit Formula E, Jakarta.
Foto: Pradita Utama
Jakarta -

Gelaran Formula E dinilai memberikan manfaat kepada warga Jakarta. Eekonomi warga sekitar diharapkan mendapatkan manfaatnya.

Managing Director Political Economy and Policy Studies (PEPS) Anthony Budiawan mengatakan ajang Formula E memberikan stimulus ekonomi ke sektor wisata.

"Mungkin ada semacam stimulus. Dengan begini banyak event, hotel, apa segala itu kan, sedikit, tidak banyak, bangkit. Ada tambahan itu kan," ujarnya, kepada detikcom, Sabtu (4/6/2022).

Menurutnya, Jakarta akan mendapat manfaat seketika dari Formula E, tapi secara ekonomi total belum tentu. "Secara lokal intinya ada gairah ekonomi," kata Anthony.

Senada dengan Anthony, pengamat kebijakan publik Trubus Rahadiansyah mengatakan ada manfaat yang diterima warga Jakarta dari kegiatan Formula E.

"Seharusnya melalui ajang ini, UMKM terutama, bisa tumbuh. Sekitar Ancol itu harusnya," jelasnya.

Dia menegaskan, ada pergerakan ekonomi yang terjadi dari kegiatan ajang balap mobil ini.

Ajang Formula E di Jakarta yang dimulai hari ini adalah kejuaraan dunia balap mobil listrik pertama yang digelar di Indonesia dan merupakan seri balapan kesembilan pada kompetisi tahun 2022. Ajang bertajuk 2022 Jakarta E-Prix tersebut akan diikuti oleh 22 pembalap yang tergabung dalam 11 tim.

(eds/eds)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT