ADVERTISEMENT

Lagi Kena Boikot Negara Arab, Ini 8 Brand India yang Mendunia

Ignacio Geordi Oswaldo - detikFinance
Kamis, 09 Jun 2022 12:11 WIB
Kecaman untuk politikus India Nupur Sharma yang hina Nabi Muhammad terus digelar di Pakistan. Usai bakar foto Nupur Sharma, demonstran turut bakar bendera India
Boikot India/Foto: AP Photo
Jakarta -

Media Internasional saat ini sedang menyoroti India setelah politikus India dari Partai Bharatiya Janata (BJP), Nupur Sharma, melontarkan komentar kontroversial soal Nabi Muhammad SAW yang dinilai menghina.

Karena hal tersebut, banyak negara khususnya negara-negara Timur Tengah yang mayoritas penduduknya Muslim menyerukan untuk memboikot produk-produk asal India.

Tidak hanya itu, pernyataan yang menghina dari Nupur Sharma menimbulkan reaksi keras dari masyarakat Muslim di seluruh dunia. Di India, penghinaan ini menyebabkan demonstrasi sebagai bentuk protes dari masyarakat Muslim di Kota Kanpur.

Di negara-negara Timur Tengah, ramai muncul seruan boikot India. Salah satu negara yang melakukan aksi boikot terhadap produk-produk India adalah Kuwait.

Menurut informasi dari South Asia Index pada Minggu (5/6/2022), penarikan produk India tidak hanya terjadi di Kuwait, tetapi juga di Arab Saudi dan Bahrain. Selain aksi boikot India secara langsung melalui penarikan produk, reaksi keras juga muncul dari kementerian luar negeri berbagai negara.

Duta Besar India di negara-negara Timur Tengah dan Asia Tenggara dipanggil oleh kementerian luar negeri negara tuan rumah termasuk Indonesia. Banyak dari mereka yang diberi surat peringatan atau protes yang menunjukkan kecaman atas apa yang terjadi di India.

Lantas bagaimana dengan nasib brand-brand asal India lainnya? Sebagaimana diketahui, India sendiri merupakan negara asal sejumlah produk atau brand terkenal dunia.

Sejumlah brand India yang mendunia berasal dari berbagai sektor, seperti otomotif, fashion, hingga produk minuman. Bahkan, brand asal India cukup mendominasi dunia.

Beberapa di antaranya memang asli India dan yang lainnya sekarang dimilik oleh orang asal India. Melansir dari situs mirror riview, berikut sejumlah brand internasional asal India.

1. Royal Enfield

Awalnya perusahaan ini merupakan perusahaan otomotif asal Inggris. Merek ini didirikan pada tahun 1893. Sepeda motor Royal Enfield lama diproduksi di bawah Enfield Cycle Company, demikian sebutannya saat itu.

Eicher Motors, sebuah perusahaan sepeda motor India yang didirikan pada tahun 1948, membelinya pada tahun 1994. Nama tersebut juga diubah menjadi Royal Enfield India.

2. Van Heusen India

Van Heusen adalah merek pakaian di bawah PVH Corp., sebelumnya bernama Phillips Van Heusen Corporation. Didirikan pada tahun 1889, PVH dinamai setelah imigran Belanda John Manning Van Heusen. Van Heusen India, bagian merek India, dimiliki oleh Aditya Birla Fashion and Retail Limited. Produk Van Heusen India dibuat di India. ABFRL adalah pembangkit tenaga mode miliar dolar pertama di India.

3. Allen Solly

Allen Solly didirikan pada tahun 1744 oleh William Holin dan Company Limited. Namun, merek pakaian jadi datang ke tangan India pada akhir abad ke-20. Itu dibeli oleh Madura Garments pada tahun 1993. Segera, grup Aditya Birla memperoleh hak kepemilikan pada tahun 2001 dan mengubahnya menjadi merek India yang terkenal. Dirancang terutama untuk pria, kemeja Allen Solly memiliki basis penggemar yang populer di India dan luar negeri. Hidup di dunia digital, kita bisa dengan mudah memesan baju keren dari toko online Allen Solly.

4. Old Monk

Brand ini biasanya dianggap sebagai minuman keras asing yang populer, Old Monk Rum adalah merek dark rum asal India. Brand ini pertama kali dibawa ke pasar pada tahun 1954 oleh Mohan Meakin Limited di Ghaziabad, Uttar Pradesh. Kurangnya iklan tidak menghentikannya untuk menjadi Merek Minuman Keras Asing Buatan India (IMFL) terbesar selama beberapa tahun. Pada tahun 2013, itu adalah perusahaan penjualan rum hitam terbesar di dunia. Old Monk dibuat di India dan dijual oleh pengecer di Rusia, Jepang, AS, Estonia, Inggris, dan negara-negara lain.

5. Lakme

Lakme, dari namanya nampak seperti brand asal Prancis yang mewah. Namun brand ini sebenarnya merupakan merek asal India yang terkenal. Perusahaan kosmetik ini dinamai opera Prancis Lakme, yang juga berasal dari Dewi Hindu Lakshmi. Lakme dimulai sebagai anak perusahaan Tata Oil Mills (Tomco), bagian dari Tata Group. Dimiliki oleh Hindustan Unilever dan dioperasikan oleh CEO Pushkaraj Shenai.

6. Café Coffee Day

Café Coffee Day (CCD) adalah rantai kopi India yang dimiliki oleh Amalgamated Bean Coffee Trading Company, yang berbasis di Chikmagalur. Kafe CCD pertama didirikan pada tahun 1996 di Bangalore. Saat ini merek India tersebut telah menyebar ke luar negeri ke tempat-tempat seperti Wina, Praha, Karachi dan Dubai. Saat ini memiliki perkebunan, menanam kopi, dan membuat mesin kopi dan furnitur untuk gerainya.

7. Mikromaks

Micromax pertama kali dimulai sebagai perusahaan perangkat lunak TI pada tahun 2000. Perusahaan elektronik konsumen India ini adalah salah satu merek India terkenal yang berbasis di Gurgaon, Haryana. Brand ini berhasil mencapai pengakuan internasional karena melampaui Samsung Korea Selatan dengan jumlah maksimum ponsel yang dikirimkan dalam satu kuartal tahun 2014. Selebriti seperti Akshay Kumar, Twinkle Khanna dan bahkan Hugh Jackman telah menjadi duta merek perusahaan India yang satu ini.

8. Jaguar

Jaguar adalah merek kendaraan mewah dari produsen mobil multinasional Inggris Jaguar Land Rover. Awalnya didirikan sebagai Swallow Sidecar Company pada tahun 1922. Pada tahun 2008, Ford menjual Jaguar Cars dan Land Rover ke Tata Motors, dua nama merek bergabung untuk membentuk Jaguar Land Rover pada tahun 2013.

Simak Video: Gelombang Aksi Unjuk Rasa Merebak Buntut Politisi India Hina Nabi Muhammad

[Gambas:Video 20detik]



(fdl/fdl)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT