ADVERTISEMENT

Apakah Uang Rp 100 Ribu Termasuk Besar Saat Ini?

Kholida Qothrunnada - detikFinance
Jumat, 10 Jun 2022 13:47 WIB
Uang Rupiah Baru
Rp 100.000/Foto: Muhammad Ridho
Jakarta -

Nilai mata uang seperti rupiah akan tergerus seiring dengan adanya inflasi. Kalau harga-harga kebutuhan terus mengalami kenaikan, maka tentu nilai mata uang juga akan menyesuaikan.

Lalu, bagaimana dengan uang Rp 100 ribu saat ini? Apakah Rp 100 ribu termasuk besar?

Besarnya nilai uang Rp 100 ribu akan relatif pada konsumsi setiap orangnya. Hal itu lah yang diungkapkan oleh Pakar Perencana Keuangan Andy Nugroho.

"Uang Rp 100 ribu Ini tergantung untuk dikonsumsi apa. Misalnya, sekarang uang Rp 100 ribu dibawa untuk ke supermarket, minimarket, convenience store itu kadang cuma dapatnya apa. Ya ini tetap tergantung kita mau beli apa. Jadi, akan menjadi relatif banget," katanya kepada detikcom, Jumat (10/6/2022).

Menurutnya, untuk saat ini nominal tersebut dirasa tidaklah cukup besar. Hal ini sangat berlaku, apalagi jika digunnakan untuk sekedar nongkrong di kedai kopi bermerek.

"Tapi, kalau dibawa ke minimarket, rasanya itu nggak besar. Apalagi, kalau dibuat nonton sekarang yang pakai fasilitas bisa sambil tiduran di bioskop. Itu pasti kurang. Kemudian tergantung kita mau belanjakan untuk apa? Untuk beli kopi kekinian yang merek mbak-mbak warna hijau itu, ya pasti pas-pasan dong. Ya Rp 100 ribu, cuma dapat secangkir kopi dan satu potong kue aja," jelas Andy.

Andy mengatakan adanya inflasi membuat nilai uang, termasuk nominal Rp 100 ribu, akan jauh lebih rendah jika dibandingkan dari tahun-tahun sebelumnya.

"Memang dengan adanya inflasi, rasanya dengan Rp 100 ribu dibandingkan mungkin dengan 10 tahun yang lalu, jumlah item atau barang yang kita dapatkan atau kita beli di toko saat ini pasti akan jauh lebih sedikit," ujar Andy.

"Kapan akan bernilai besar Rp 100 ribu ini? Ya kalau kita infakkan atau kita sedekahkan. Itu kan bisa bernilai besar tuh," tutup Andy.

(fdl/fdl)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT