Mau Lepas dari Jeratan Sandwich Generation? Ikuti 6 Langkah Ini

Tim detikcom - detikFinance
Jumat, 10 Jun 2022 11:07 WIB
Ilustrasi Pengelolaan Keuangan
Cara Lepas dari Sandwich Generation/Foto: Shutterstock/
Jakarta -

Apakah kamu pernah merasakan baru saja gajian tapi sekejap sudah habis? Bukan karena kamu belanja online atau memenuhi kebutuhan sehari-hari. Malahan kamu harus membiayai orang tua, keluarga dan anak yang harus kamu bantu kebutuhannya.

Terhimpit kebutuhan finansial orang tua dan anak memang sangat mirip dengan makanan sandwich. Alhasil, orang-orang yang berada di posisi ini sering disebut dengan sandwich generation.

Masuk ke jajaran Sandwich Generation memang tidak mudah untuk menjalaninya, akan susah untuk mengatur keuangan karena menghidupi banyak orang bersamaan. Belum lagi membayar kebutuhan seperti cicilan, biaya pendidikan anak, perawatan orang tua, kebutuhan pribadi dan masih banyak lagi.

Kamu pasti bisa stress ketika dihadapkan dengan kondisi seperti itu, selain karena beban finansial yang berat, kamu juga harus menyeimbangkan peran untuk merawat orang tua dan juga anak. Walaupun kamu masuk ke dalam generasi sandwich sekarang ini, tentu kamu juga bisa memutus rantai generasi sandwich untuk masa depan anak-anak kamu.

Berikut adalah enam cara yang bisa dilakukan untuk memutus rantai generasi sandwich:

1. Kelola Penghasilan dengan Bijak

Kamu bisa memakai rumus 50/30/20 atau 40/30/20/10 untuk mengelola gaji. Dengan menggunakan rumus ini, kamu bisa membagi penghasilan kamu menjadi 50% untuk kebutuhan seperti bayar cicilan, tagihan, belanja bulanan dan lainnya. 30% nya kamu bisa masukan ke bagian untuk hiburan dan keinginan.

Sisanya 10% untuk kamu tabung. Atau di rumus 40/30/20/10, kamu bisa atur 40% untuk kebutuhan, 30% untuk kewajiban, 20% untuk di tabung dan 10% untuk berdonasi atau kebaikan lain.

2. Catat Keuangan

Mencatat arus kas keluar masuknya uang merupakan cara yang sangat penting. Hal itu dapat membantu kamu untuk mengetahui pergerakan keuangan kamu setiap bulannya. Dengan begitu, kamu bisa menentukan rencana keuangan untuk bulan ini dan bulan berikutnya dengan baik.

3. Menambah Sumber Penghasilan

Untuk memperbaiki kondisi keuangan, kamu juga bisa menambah sumber penghasilan kamu dengan cara menyiapkan pasif income di luar active income misalnya dengan berinvestasi, menyewakan properti, kemitraan dan lainnya. Dengan bertambahnya penghasilan, kamu akan lebih mudah untuk mengatur arus keuangan sesuai rumus di atas.

4. Menyiapkan Program Pensiun

Ini adalah hal yang penting untuk memutus rantai generasi sandwich. Kamu bisa menyisihkan sebagian dari penghasilan kamu agar bisa diinvestasikan untuk dana pensiun. Jika kamu rutin untuk menginvestasikan penghasilan untuk dana pensiun, ketika kamu nanti pensiun tidak membebani anak-anak Anda yang sudah beranjak dewasa.

Tips lepas dari jeratan sandwich generation lainnya di halaman berikutnya.