ADVERTISEMENT

Dikabarkan Mau PHK Karyawan, Begini Profil Shopee

Ignacio Geordi Oswaldo - detikFinance
Selasa, 14 Jun 2022 13:03 WIB
Gudang Shopee Kebakaran di Jakut, Shopee Jelaskan soal Barang Pelanggan
Foto: Moch Prima Fauzi/detikINET
Jakarta -

Badai PHK startup masih terus berlanjut. Kini giliran raksasa e-commerce Shopee dikabarkan akan melakukan PHK massal pada sebagian karyawan di seluruh operasi internasionalnya.

Berdasarkan laporan dari Tech In Asia, dikutip detikcom, Selasa (14/5/2022) keputusan PHK massal tersebut diumumkan kepada karyawan Shopee dalam sebuah pertemuan internal perusahaan secara internasional.

Pertemuan itu disebut-sebut langsung dipimpin oleh seorang eksekutif dari perusahaan induk Sea Group. Pemutusan hubungan kerja ini dikabarkan akan mempengaruhi operasi ShopeeFood dan ShopeePay.

Sementara itu, Deal Street Asia melaporkan PHK dilakukan untuk fokus pada bisnis e-commerce. Maka dari itu PHK akan dilakukan pada lini bisnis ShopeePay dan ShopeeFood. Perusahaan disebut telah mengirim email kepada karyawan yang terkena PHK.

Tidak lepas dari badai PHK startup, sebenarnya perusahaan seperti apa sih Shopee ini?

Melansir dari situs resmi perusahaan, diketahui bahwa Shopee merupakan operator platform e-commerce yang dimaksudkan untuk memberikan pengalaman belanja online yang mudah, aman, dan cepat bagi pelanggan di seluruh Asia Tenggara dan Taiwan.

Shopee sendiri pertama kali diluncurkan pada 2015 lalu di 7 negara berbeda, yakni: Singapura, Indonesia, Malaysia, Thailand, Taiwan, Vietnam, dan Filipina.

Sebagai perusahaan e-commerce, Shopee menawarkan produk di berbagai kategori termasuk pakaian, ponsel, gadget, peralatan rumah tangga, buku, elektronik, otomotif, dan aksesori, sehingga memungkinkan pelanggan untuk membeli produk pilihan mereka dengan nyaman dari rumah dengan berbagai pilihan pembayaran.

Di Indonesia sendiri, Shopee bersaing ketat dengan platform e-commerce lain seperti Tokopedia, Lazada, Bukalapak, Blibli dan situs e-commerce lainnya.

Simak juga Video: Halau Gelombang PHK Startup

[Gambas:Video 20detik]




(fdl/fdl)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT