ADVERTISEMENT

Menanti Kepastian Minyak Goreng Curah Dihapus

Aulia Damayanti - detikFinance
Rabu, 15 Jun 2022 07:00 WIB
Minyak goreng curah
Menanti Kepastian Minyak Goreng Curah Dihapus/Foto: Dok.detikfinace
Jakarta -

Pemerintah mengumumkan akan menghapus minyak goreng curah di pasaran. Pengumuman ini disampaikan oleh Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan beberapa hari lalu.

Meski demikian, Kementerian Perdagangan sebagai pemegang tugas atas rencana tersebut belum bisa memastikan kapan akan direalisasikan. Pihaknya mengatakan hal itu baru rencana.

Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kemendag, Oke Nurwan mengatakan pihaknya masih mempersiapkan Peraturan Menteri (Permendag) untuk rencana itu.

"Saat ini belum ada (aturan resmi) masih proses, seperti apa kebijakannya, Permendag-nya," ujarnya kepada detikcom, Selasa (14/6/2022).

Alasan Dihapus

Dalam rencana penghapusan minyak goreng curah ini, banyak sekali alasan yang menjadi pertimbangan pemerintah, utamanya karena kurang higienis. Kedua, perihal harga yang sensitif dengan kenaikan CPO internasional.

"Ketiga, ada potensi kenakalan pelaku usaha yang nakal untuk mengoplos sehingga menjadi tidak sehat," ujarnya

Keempat, Oke bilang tinggal Indonesia dan Bangladesh yang masih menggunakan minyak goreng curah. Kelima, minyak goreng curah ini tidak memenuhi perlindungan konsumen, di mana minimal ada tercantum masa kedaluwarsa dari sebuah produk.

Sebuah produk harus tercantum izin edar hingga dan memenuhi Standar Nasional Indonesia. Oke mengungkap hal-hal itu yang tidak ada di minyak goreng kemasan.

"Arahnya dari sisi perlindungan konsumen, kesejahteraan konsumen lebih pasti, karena ada informasi produk yang bisa dilihat kualitasnya terjaga, kualitas terjaga, tata cara kemungkinan kecurangan (meminimalisir)," lanjutnya.

Simak juga video 'Luhut: Curah Kita Bikin Jadi Kemasan, Harga Rp 14 Ribuan':

[Gambas:Video 20detik]



Wacana minyak goreng curah dihapus sejak 2014. Cek halaman berikutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT