ADVERTISEMENT

Sekjen PBB Afriansyah Noor Ditunjuk Jokowi Jadi Wamenaker, Siapa Dia?

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Rabu, 15 Jun 2022 14:08 WIB
Zulkifli Hasan-Afriansyah Noor Tiba di Istana Jelang Pelantikan
Foto: Kanavino/detikcom
Jakarta -

Sosok Afriansyah Noor muncul menjadi nama baru di jajaran Kabinet Indonesia Maju. Petinggi Partai Bulan Bintang (PBB) itu mendapatkan kursi Wakil Menteri Ketenagakerjaan (Wamenaker).

Afriansyah sendiri merupakan elit politik yang menjabat sebagai Sekretaris Jenderal PBB. Kini dia akan mendampingi Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah sebagai wakil menteri.

Menempati posisi baru, seperti apa profil Afriansyah Noor?

Tidak banyak informasi yang bisa didapatkan soal sepak terjang Afriansyah. Namun yang jelas kehadirannya di PBB sudah cukup lama.

Dari informasi yang dirangkum detikcom, pria kelahiran Jambi 20 April 1972 ini pernah mencoba peruntungannya di pesta demokrasi tahun 2019. Dia pernah mencalonkan diri sebagai Calon Legislatif dengan daerah pemilihan Jambi.

Kini dia menjabat sebagai Sekretaris Jenderal PBB untuk periode 2019-2024. Mendampingi Yusril Ihza Mahendra sebagai ketua umum.

Sebagai informasi saja, jabatan Wakil Menteri Ketenagakerjaan sendiri merupakan posisi baru di tingkat kementerian dan lembaga yang dibentuk Jokowi. Posisi ini baru muncul tahun 2020, Afriansyah Noor menjadi orang pertama yang menjabatnya.

Posisi ini muncul setelah Jokowi menerbitkan Peraturan Presiden (Perpres) yang baru saja diterbitkan yakni Perpres Nomor 95 Tahun 2020 tentang Kementerian Ketenagakerjaan. Pada Pasal 2 Ayat 1 Perpres Nomor 95 dijelaskan, dalam memimpin Kementerian Ketenagakerjaan, Menteri dibantu oleh Wakil Menteri sesuai dengan penunjukan Presiden.



Simak Video "Jelang Pelantikan, Zulhas-Afriansyah Noor Tiba di Istana "
[Gambas:Video 20detik]
(hal/das)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT