ADVERTISEMENT

Mengenal Istilah Reshuffle Kabinet, Termasuk Tujuannya Dilakukan

Ignacio Geordi Oswaldo - detikFinance
Rabu, 15 Jun 2022 15:07 WIB
Presiden Jokowi melantik 2 menteri dan 3 wakil menteri baru di Istana Negara (Foto: Tangkapan layar YouTube Setpres)
Reshuffle Kabinet di Istana Negara (Foto: Tangkapan layar YouTube Setpres)
Jakarta -

Reshuffle kabinet baru saja dilakukan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Ada dua menteri dan tiga wakil menteri baru resmi dilantik Jokowi. Dalam masa kepemimpinannya, Jokowi telah melakukan reshuffle kabinet beberapa kali.

Lantas apa itu reshuffle kabinet dan apa tujuannya?

Reshuffle kabinet dikutip dari laman Cambridge Dictionary merupakan perubahan posisi orang atau hal lain dalam suatu kelompok. Istilah reshuffle sebetulnya tak hanya digunakan dalam pemerintahan.

Melansir dari Merriam Webster reshuffle kabinet adalah reorganisasi yang dilakukan dengan mendistribusikan kembali elemen yang sudah ada. Selain itu, pergantian pos menteri pada reshuffle kabinet bersifat minor namun bersifat besar-besaran dengan melibatkan beberapa menteri.

Adapun tujuan dari reshuffle kabinet berupa:

1. Manajemen Partai dan Kabinet
Pemimpin dan politikus dapat membangun aliansi, memberikan reward, dan memastikan seluruh fraksi dalam partai menjadi perwakilan pemerintah.

2. Manajemen Kinerja
Reshuffle kabinet juga memberikan kesempatan dalam mengevaluasi kinerja para menteri dalam pemerintahan. Menteri yang berkinerja baik akan mendapatkan tanggung jawab lebih besar.

3. Menandai Pergantian Kebijakan
Reshuffle kabinet biasanya menandakan adanya perubahan prioritas pemerintahan. Pemerintahan berharap prioritas tercapai dengan mengganti menteri.

4. Memberikan Penyegaran
Reshuffle kabinet biasa bertujuan untuk memberikan penyegaran dengan menarik sosok yang baru dan lebih muda. Biasanya tujuan ini dicapai untuk pemerintahan yang kurang populer.

5. Memiliki Peristiwa di Luar Kendali
Reshuffle kabinet juga dilakukan saat terjadi peristiwa yang tidak dapat dikendalikan pemerintah. Contohnya adalah menteri yang tidak dapat bertugas karena sakit.

Jadi sudah tahu kan apa itu reshuffle kabinet dan tujuan dari reshuffle kabinet?

(fdl/fdl)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT