ADVERTISEMENT

Negaranya Ganti Nama, Turkish Airlines Berubah Jadi Turkiye Hava Yollari

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Rabu, 15 Jun 2022 18:15 WIB
Ilustrasi Turkish Airlines
Foto: Getty Images/GeorgHanf
Jakarta -

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengungkapkan jika pemerintahannya akan mengganti maskapai nama penerbangan Turkish Airlines menjadi Türkiye Hava Yolları.

Perubahan nama ini merupakan salah satu cara untuk mengenalkan nama baru Turki yaitu Türkiye. Dikutip dari traveller.com.au disebutkan nama baru Türkiye ini disebut sarat dengan budaya dan nilai-nilai yang ada di Turki.

"Turki tak ada lagi. Ini adalah Türkiye. Türkiye Hava Yolları akan tertulis di badan pesawat kami, bukan Turkish Airlines," kata Erdogan dikutip dari traveller.com.au, Rabu (15/6/2022).

PBB dan NATO sudah resmi menggunakan Türkiye. Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg menyebut nama baru ketika dia melakukan kunjungan ke Helsinki dan Stockholm pekan ini.

Penyebutan nama baru ini juga dilakukan oleh Presiden Finlandia Sauli Niinisto dan Perdana Menteri Swedia Magdalena Andersson.

Sebelumnya perubahan nama ini telah disampaikan oleh Erdogan pada awal Juni lalu di Perserikatan Bangsa-Bangsa.

Di samping itu, Turkiye juga dianggap mampu membedakan Turki dengan burung kalkun (turkey) yang biasa disajikan dalam acara thanksgiving. Kemudian, bila merujuk pada Kamus Inggris Cambridge, Turki dapat diartikan sebagai sesuatu yang gagal atau orang yang bodoh atau konyol.

Pemerintah Turki mulai mengkampanyekan sebutan Turkiye sejak Desember 2021 pada kampanye Hello Turkiye. Akan tetapi sebenarnya orang lokal sudah menyebut negara itu sebagai Turkiye sejak 1923 setelah deklarasi kemerdekaan.

Di sisi lain, perubahan nama Turki itu juga dilihat sebagai manuver politik Erdogan yang tengah bersiap untuk menghadapi pemilu tahun 2023. Turki sendiri merupakan destinasi wisata yang sedang naik daun bagi turis asal Indonesia.



Simak Video "Bantahan Turki Serang Lokasi Wisata Irak"
[Gambas:Video 20detik]
(kil/das)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT