Ketemu! Ini Lokasi Video Angkut Sapi Ternak 'Sadis' di Pelabuhan

ADVERTISEMENT

Ketemu! Ini Lokasi Video Angkut Sapi Ternak 'Sadis' di Pelabuhan

Shafira Cendra Arini - detikFinance
Kamis, 16 Jun 2022 14:08 WIB
Kapal ternak KM Camara Nusantara I kembali merapat di Dermaga 107 Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, dengan membawa 299 ekor sapi dari kapasitas penuhnya sebanyak 500 ekor. Sapi yang lainnya sudah diturunkan lebih dulu di Surabaya dan Cirebon. (FOTO: Rachman Haryanto/detikcom)
Foto: Rachman Haryanto
Jakarta -

Kementerian Pertanian (Kementan) lewat Badan Karantina Pertanian (Barantan) sudah melakukan penelusuran seputar video viral pengangkutan sapi menggunakan crane kapal di pelabuhan. Diketahui bahwa benar, lokasinya tepat berada di Pelabuhan Samarinda, Kalimantan Timur.

Hasil penelusuran tersebut disampaikan oleh Kepala Sub Bagian Humas Barantan, Endah A. Sucipto kepada detikcom, Kamis (16/06/2022).

"Lokasinya di Pelabuhan Samarinda, kita sudah cek ke bagian unit kerja di sana," ujar Endah.

Endah mengatakan kalau ada 3 alat angkut yang biasa digunakan untuk mengangkut sapi, antara lain kapal tol laut khusus ternak (KM Camar Nusantara), kapal kayu, dan kapal kargo. Cara penurunan sapi pun berbeda-beda bergantung pada jenis kapal yang digunakan.

"Dan kejadiannya ini sepertinya dengan kapal kargo. Memang proses penurunan sapi dari beberapa jenis kapal kargo belum ideal dan belum sesuai dengan kaidah kesejahteraan hewan," ujar Endah.

Endah menambahkan kalau secara prinsip memang sudah seharusnya memastikan kesejahteraan hewan atau animal welfare. Tetapi hal tersebut juga tidak terlepas dari fasilitas yang dimiliki oleh pelabuhan tersebut.

Sebelumnya, viral di media sosial instagram sebuah video yang menampilkan pengangkutan sapi ternak dengan cara yang sadis di pelabuhan. Ternak-ternak itu diangkut dengan cara diikat kepalanya dan diangkat dengan menggunakan crane kapal. Beberapa ekor sapi nampak diikat kepalanya, kemudian diangkat dengan menggunakan crane kapal menuju truk pengangkut.

Video ini diunggah oleh akun bercentang biru @nathasatwanusantara. Dalam video tersebut, nampak beberapa sapi ternak itu sedang dipindahkan dari kapal menuju truk pengangkut di sebuah pelabuhan.

Simak juga Video: Ribuan Sapi Terjangkit PMK, Pemkab Lumajang Kekurangan Petugas Kesehatan

[Gambas:Video 20detik]



(dna/dna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT