ADVERTISEMENT

Kreditur Mulai Voting Tawaran Damai Utang Garuda, Ruang Sidang Penuh

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Jumat, 17 Jun 2022 10:30 WIB
Infografis Garuda butuh Rp 13 triliun biar selamat
Foto: Infografis detikcom/Denny
Jakarta -

Hari ini sidang voting atau pemungutan suara untuk proposal perdamaian dalam proses Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang (PKPU) dilakukan. Nasib proposal perdamaian kewajiban utang Garuda diterima atau tidak bakal ditentukan besok.

Sidang voting dimulai sekitar pukul 9.45 WIB di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Jumat (17/6/2022). Direksi Garuda Indonesia secara lengkap menghadiri sidang voting, mereka kompak menggunakan kemeja putih.

"Kami hadir. Seluruh direksi. Kami harap hari ini lancar dan mayoritas kreditor menyetujui proposal kita," ujar Irfan kepada detikcom, Jumta (17/6/2022).

Suasana ruang sidang cukup penuh dan pengap dipenuhi para kreditur. Rapat sendiri memang dibuka secara umum, siapapun boleh memantau secara langsung proses voting.

Ketua Pengurus PKPU Jandri Siadari mengapresiasi kehadiran lengkap para direksi Garuda. Dia berharap hal ini dapat memberikan aura positif pada voting yang dilakukan.

"Ini komplit 6 direksi hadir semuanya. Dengan kehadiran ini kami harap dapat aura positif akan hal yang dilakukan hari ini," ujar Jandri.

Sebelumnya, Irfan mengklaim sudah ada 50% kreditur yang berkomitmen akan menyetujui proposal damai yang ditawarkan pihaknya. Proses negosiasi panjang dilakukan oleh dirinya dan perusahaan kepada para kreditur.

"Jadi di balik ini kita analisa dan nge-sense sehingga saya nyatakan dari sisi confidence, kita ini hari ini confidence level kita di atas 50% yang dukung kita dari total kreditur," ungkap Irfan ditemui wartawan di kantornya, Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Kamis (16/6/2022).

Dalam proses voting PKPU sendiri, pihak Irfan harus memenuhi persetujuan sebanyak 50+1% dari total kreditur terdaftar pada proses PKPU.

Selain itu, Garuda juga harus mengejar target 67% dari total utang kreditur yang terdaftar di PKPU. Jadi meskipun sudah ada 50% kreditur setuju proposal damai Garuda, total jumlah utangnya harus mencapai 67% dari total utang terdaftar di PKPU.

(hal/dna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT