ADVERTISEMENT

Manggarai Mau Jadi Stasiun Sentral, Jalan Aksesnya Macet

Shafira Cendra Arini - detikFinance
Jumat, 17 Jun 2022 10:42 WIB
Suasana Jalan Akses Menuju Stasiun Manggarai
Foto: Suasana Jalan Akses Menuju Stasiun Manggarai (Shafira Cendra Arini/detik.com)
Jakarta -

Suasana menuju Stasiun Manggarai di pagi hari ini pukul 08.00, Jumat (17/06/2022), terpantau macet. Satu ruas jalan searah ini dipenuhi dengan jajaran kendaraan dari mulai motor, mobil, hingga kendaraan umum seperti Bus Trans Jakarta dan Bajaj. Bajaj dan ojek pangkalan pun terparkir rapi di sisi jalan sekitar area Stasiun.

Melimpahnya jumlah kendaraan salah satunya karena banyak kendaraan roda empat yang menjadikan ruas jalan ini sebagai alternatif untuk menghindari ganjil genap di kawasan Matraman. Hal ini dikonfirmasi oleh Rian, Petugas Dinas Perhubungan yang bertugas di area Halte Stasiun Manggarai.

"Macetnya kan karena ada ganjil genap di kawasan Matraman itu. Jadi kendaraan larinya pada ke sini, semua" ujar Rian.

Meski begitu, Rian menambahkan kalau macet ini hanya terjadi sampai underpass yang dekat dengan Pasar Raya.

"Tapi untuk yang ke stasiun sih aman. Hanya saja memang ini jalan agak macet juga kadang karena di bagian sana suka banyak itu berjejer kendaraan warga lokal sini parkir," katanya.

Rian mengatakan selain kendaraan warga, memang di sekitar area stasiun banyak kendaraan terparkir di bahu jalan seperti bajaj dan ojek pangkalan. Meski begitu, hal itu sudah disepakati oleh pihak stasiun dan dikelola dengan rapi agar tidak mengganggu lalu lintas.

Rian juga menambahkan kemacetan ini berlangsung setiap hari, terutama di pagi hari dan di sore hari. Hal ini perlu mendapat perhatian khusus jika kelak rencana penetapan Stasiun Manggarai sebagai stasuiun utama jadi dilakukan.

(dna/dna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT