ADVERTISEMENT

Kritik Kelakuan Elon Musk, Karyawan SpaceX Dipecat!

Tim detikcom - detikFinance
Sabtu, 18 Jun 2022 13:46 WIB
Elon Musk
Elon Musk Pecat Karyawan SpaceX/Foto: Associated Press
Jakarta -

SpaceX dilaporkan memecat karyawannya yang mengkritik Elon Musk. Kritik terhadap Elon Musk yang ditulis di sebuah surat terbuka itu kemudian disebarkan para karyawan SpaceX.

Mengutip The New York Times, Sabtu (18/6/2022), surat berisi kecaman terhadap perilaku atau aktivitas Elon Musk di Twitter. Para karyawan yang mengkritik tersebut menilai kelakuan Elon Musk telah membuat malu hingga mereka terganggu.

Karena kejadian itu, SpaceX telah memecat beberapa pembuat surat kritikan tersebut. Kepala Operasional SpaceX Gwynne Shotwell membenarkan hal tersebut.

Shotwell mengatakan perusahaan telah menyelidiki dan memberhentikan sejumlah karyawan yang terlibat dengan surat itu.

"Surat, ajakan, dan proses umum membuat karyawan merasa tidak nyaman, terintimidasi dan diintimidasi, dan/atau marah karena surat tersebut menekan mereka untuk menandatangani sesuatu yang tidak mencerminkan pandangan mereka," tulis Shotwell.

"Kami memiliki terlalu banyak pekerjaan kritis yang harus diselesaikan dan tidak perlu aktivisme yang berlebihan seperti ini," tambahnya.

Tidak jelas berapa banyak karyawan yang dipecat. Namun berdasarkan keterangan dari Reuters, setidaknya ada lima karyawan SpaceX yang dipecat.

Sementara itu, Juru bicara SpaceX James Gleeson tak mau memberikan tanggapan terkait kejadian ini saat dimintai komentar.

Surat terbuka itu menyusul tuduhan yang dipublikasikan baru-baru ini tentang pelanggaran seksual terhadap Elon Musk di tengah akuisisi Twitter yang kontroversial.

(fdl/ara)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT