ADVERTISEMENT

Penjual Gorengan Irit-irit Kasih Cabai Rawit Gara-gara Harganya Selangit

Aulia Damayanti - detikFinance
Sabtu, 18 Jun 2022 18:00 WIB
gorengan unik
Ilustrasi Gorengan/Foto: Istimewa
Tangerang Selatan -

Harga semua jenis cabai meningkat saat ini. Salah satunya juga cabai rawit hijau yang selalu disediakan kala membeli gorengan.

Alhasil, penjual gorengan saat ini mengurangi pemberian cabai rawit hijau ke pembeli. Penjual gorengan mau tidak mau menyediakan cabai rawit hijau meskipun harganya meroket.

Seperti yang dikatakan oleh Jaka, penjual gorengan di Bukit Indah, Serua Ciputat, Tangerang Selatan. Ia mengatakan dirinya masih membeli cabai rawit hijau meskipun harganya sangat mahal.

"Mau bagaimana, orang-orang kan beli gorengan tetap nanyain cabainya. Masa mau nggak beli. Ada saus, seringnya kan cabainya. Tapi ya itu mahal banget sekarang. Mau nggak mau ya tetap beli," ujarnya, saat ditemui detikcom, Sabtu (18/6/2022).

Dengan harga jual gorengan Rp 5.000 per empat buah, Jaka mengaku sering mengurangi pemberian cabai rawit hijau ke pembeli.

"Paling siasatnya, dikurangi aja cabai yang dikasih. Orang kan tetap nanyain cabainya. Kalau beli Rp 10.000 biasanya bisa dapat banyak lebih dari gorengan, kadang ya saya kurangin aja," ujarnya sambil tertawa malu.

Penjual gorengan yang letaknya tak jauh dan masih di wilayah yang sama, juga mengatakan demikian. Pedagang bernama Ipin mengaku tak habis pikir harga cabai rawit hijau selalu naik.

"Naik terus ya (cabai hijau), bingung saya. Saya ya tetap beli, pelanggan beli gorengan masa nggak saya kasih cabainya nggak enak juga saya masa nggak sediakan cabainya," ungkapnya.

Ipin juga menjual gorengan Rp 5.000 per empat buah. Dia sendiri tidak mengurangi cabai rawit hijau yang diberikan pembeli.

"Saya masih tetap kasih, ya nggak banyak-banyak banget juga, secukupnya saya kasih," tuturnya.

Sebagai informasi, berdasarkan Informasi Pangan Jakarta, harga semua jenis cabai meningkat. Misalnya saja cabai rawit hijau saat ini menembus angka Rp 90.000/kg di Pasar Jatinegara. Sementara rata-rata harga cabai hijau di Jakarta Rp 79.444/kg. Harga terendahnya Rp 60.000/kg di Pasar Cijantung.

Cabai lainnya, misalnya cabai rawit merah juga melonjak. Saat ini menembus ke level Rp 120.000/kg, harga itu terjadi di Pasar Pulo Gadung Jakarta. Harga rata-rata cabai rawit merah di Jakarta Rp 108.694/kg, sementara harga terendah ada di Pasar Jembatan Lima dengan harga cabai rawit merah Rp 88.000/kg.

(ara/ara)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT