ADVERTISEMENT

Serbu! Ada Obral Harga Cabai dan Bawang Merah Murah Mulai Dari Rp 30.000

Shafira Cendra Arini - detikFinance
Minggu, 19 Jun 2022 12:30 WIB
Operasi Pasar Sayurmayur Murah
Foto: Operasi Pasar Sayurmayur Murah (Shafira Cendra Arini/detik.com)
Jakarta -

Kementerian Pertanian melalui program Food Estate menjual bawang merah dan cabai-cabaian dengan harga murah. Bahkan, terpantau bawang merah dijual mulai dari harga Rp 30 ribu. Hal ini dilakukan dalam rangka stabilisasi harga bawang merah dan cabai di kawasan jabodetabek.

Terpantau oleh detikcom, Minggu (19/06/2022), acara Gelar Bawang Merah dan Cabai Murah di kawasan Toko Tani Indonesia Centre (TTIC) Ragunan ramai didatangi pengunjung yang mayoritas merupakan ibu rumah tangga.

Bazzar dengan total sekitar 8 booth ini menyajikan bawang merah dan cabai-cabaian murah yang di suplai dari hasil panen langsung lokasi binaan program Food Estate.

"Umumnya dari Food Estate, jadi diutamakan temanggung untuk bawang merah, dan wonosobo untuk cabai," kata Tommy Nugraha Direktur Sayur dan Tanaman Obat, Ditjen Hortikultura Kementan.

Tomi menyampaikan kalau acara bazzar ini menyediakan sekitar 15 ton bawang merah dan 1,2 ton aneka cabai. Uniknya, setiap pembelian caba akan mendapat kupon yang bisa ditukarkan polibag berisi benih cabe.

"Untuk bawang merah di sini mulai dari yang termurah Rp 30 ribu varian Temanggung Klowor, dan yang paling mahal Rp 40 ribu varoan brebes," kata Siswanto, Ketua Paguyuban Kelompok Tani Temanggung sekaigus Pengawas di Korporasi Temanggung-Wonosobo kepada detikcom.

Siswanto mengatakan untuk ketersediaan bawang merah di daerah cukup stabil sehingga mereka dapat menyediakan bawang merah ini. Pun Kementan melalui program Food Estate sendiri membantu para petani daerah melalu pendampingan.

Sedangkan untuk cabai, Ketua Koorporasi Petani Temanggung-Wonosobo, Andi menyampaikan kalau memang benar saat ini kondisi musim agak ekstrim dengan curah hujan yang tinggi sekali. Meski begitu, ketersediaan di daerah terbilang aman, terbantu dengan pendampingan.

"Di sini saya membawa 3 jenis, ada cabai rentul (rawit) merah, cabai mana (besar) merah dan cabai keriting. Dimintanya bawa 1.5 ton, tapi ya 1.2 ton ini sudah yang terbaik yang bisa kami berikan dengan waktu yang mepet ya," ujar Siswanto.

Andi mengatakan dalam acara ini harga cabai termurah dibandrol seharga Rp 59 ribu untuk cabai keriting dan merah besar. Sedangkan untuk cabai rawit merah dibandrol dengan harga Rp 69.9 ribu.

Sebagai tambahan informasi, acara Gelar Bawang Merah dan Cabai Murah membawa hasil panen langsung dari lokasi Food Estate Hortikultira. Acara ini dihadiri oleh Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dan Dirjen Hortikultura Prihasto Setyanto.

Acara ini dilaksanakan sebagai langkah stabilisasi harga bawang merah dan cabai di Jabodetabek yang saat ini tembus pada angka Rp 120 ribu untuk cabai rawit merah dan Rp 70 ribu untuk bawang merah.

(dna/dna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT