ADVERTISEMENT

Mentan Bingung, Harga Cabai di Petani Murah Sampai Penjual Kok Mahal?

Shafira Cendra Arini - detikFinance
Minggu, 19 Jun 2022 14:16 WIB
Operasi Pasar Sayurmayur Murah
Foto: Operasi Pasar Sayurmayur Murah (Shafira Cendra Arini/detik.com)
Jakarta -

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo heran dengan harga cabai dan bawang merah yang melonjak tinggi. Pasalnya, stok cabai di daerah khususnya di Wonosobo tergolong aman.

Syahrul mengunjungi lokasi pelaksanaan acara Gelar Bawang Merah dan Cabai Murah di kawasan Toko Tani Indonesia Centre (TTIC) Ragunan. Dengan mengenakan polo shirt hitam dan sepatu olahraga, dirinya kompak tampil sporty bersama dengan Komisi IV DPR RI Alien Mus dan Maria Lestari. Tak lupa kacamata hitam dan jaket merah berlambangkan logo garuda di dada kirinya melengkapi penampilannya pada pagi hari itu. Mereka bertiga turun dari mobil Toyota Hiace hitam pada pukul 09.15.

Dipandu oleh Dirjen Hortikultura Prihasto Setyanto, Syahrul menyisiri satu demi satu booth mulai dari bawang merah hingga cabai-cabaian. Kedatangannya pun di sambut oleh Andi dan Siswanto selaku Ketua dari Petani Temanggung dan Wonosobo.

"Stok aman pak," ujar Andi Ketua Korporasi Petani Temanggung-Wonosobo kepada Syahrul saat ditanya mengenai ketersediaan cabai di Wonosobo, Minggu (19/06/2022).

"Lah ko nyampe sini harganya jadi mahal?" ujar Syahrul, kebingungan mendengar jawaban Andi.

Andi mengatakan kepada Syahrul dirinya tak tahu menahu mengenai alasan harga cabai melonjak tinggi di ibu kota. Pasalnya, ketersediaan cabai di daerahnya sendiri tergolong aman.

Andi menambahkan, memang betul kondisi cuaca saat ini terbilang ekstrem dengan curah hujan yang tinggi. Meski begitu, hal itu tidak terlalu mengganggu produksi cabai di wilayah atas, berbeda dengan di wilayah bawah yang terkena permasalahan seperti serangan organisme pengganggu tanaman (OPT).

Di sisi lain, pendampingan yang dilakukan Kementan melalui Food Estate sangat membantu para petani dalam menghadapi situasi seperti itu sehingga ketersediaan cabai dan bawang bisa stabil, bahkan meningkat.

Bersambung ke halaman selanjutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT