ADVERTISEMENT

Mendag Janji Nggak Ada Impor Cabai Meski Harga Mahal

Aulia Damayanti - detikFinance
Senin, 20 Jun 2022 16:12 WIB
Menteri perdagangan baru, Zulkifli Hasan melakukan kunjungan kerja ke Pasar Cibubur, Jakarta Timur. Kunker itu dilakukan untuk cek harga pokok komoditas pangan.
Foto: Rengga Sancaya: Menteri Perdagangan Zulfkifli Hasan cek cabai di pasar
Jakarta -

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan menjamin tidak ada impor cabai dan bawang merah. Hal ini disampaikan Zulhas langsung di hadapan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) saat mengunjungi kantor Kementerian Pertanian.

"Saya dengar dari Pak Menteri (SYL) itu beras lebih, jagung lebih. Nah ini bisa kita sinkronkan, kolaborasi, kerja sama agar jangan sampai petani-petani kita mati karena impor yang lebih dan tidak ada aturan, yang tidak perlu, misalnya bawang merah dan cabai, ya kan Pak Menteri? Kenapa mesti impor? Kasihan petani kita," ungkap Zulhas, dikutip dari YouTube Kementerian Pertanian, Senin (20/6/2022).

Untuk itu, Zulhas perlu ada perlindungan untuk petani atau semacam aturan agar Indonesia mampu menahan laju impor pada komoditas pangan. Sebab menurutnya, impor pangan akan menyebabkan pertanian milik petani mati dan hancur.

"Tadi ada pengembangan buah-buahan, pengembangan hasil pertanian menjadi bumbu seperti bawang dan lainnya," ujarnya.

"Kalau bawang merah impor, petani kita hancur, yang di Tegal, Brebes," tambahnya.

Zulhas memastikan, perihal impor pangan akan dikomunikasikan langsung dengan Mentan Syahrul. Ia mengaku sering melakukan komunikasi dengan Mentan melalui telepon.

"Ini mesti dikomunikasikan, harus tidak boleh ada gap, harus lancar, antara Kementerian. Kami sudah biasa telpon-telpon, sudah beres," pungkasnya.

(hns/hns)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT