ADVERTISEMENT

Naik MRT Jakarta Hari Ini Bayar Rp 1, Penumpang Ngaku Belum Tahu

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Rabu, 22 Jun 2022 10:00 WIB
Jadwal operasional MRT dipersingkat untuk mencegah penyebaran virus corona. Pagi ini, terjadi antrian panjang di Stasiun MRT Fatmawati, Jakarta, Senin (16/3).
Naik MRT Jakarta Hari Ini Bayar Rp 1, Penumpang Ngaku Belum Tahu/Foto: Grandyos Zafna
Jakarta -

Dalam rangka memperingati hari ulang tahun ke-495 DKI Jakarta, naik MRT Jakarta hanya perlu membayar Rp 1 sekali jalan. Moda transportasi TransJakarta dan LRT Jakarta juga meramaikan HUT Jakarta dengan tarif Rp 0.

detikcom menjajal naik MRT Jakarta dari Stasiun Lebak Bulus. Situasi Stasiun Lebak Bulus ramai namun tak ada antrean. Sebelum masuk area stasiun, penumpang diminta untuk scan QR PeduliLindungi.

Setelah itu mengecek suhu yang hasilnya terlihat di layar. Kemudian penumpang diminta untuk membuka tas dan diperiksa isinya.

Nah tibalah di gate untuk tap kartu uang elektronik atau scan QR melalui aplikasi MRTJakarta. Saldo awal uang elektronik ketika tap in di Stasiun MRT Lebak Bulus pagi ini sebesar Rp 49.000.

Setelah masuk gate, penumpang melanjutkan ke peron yang berada di lantai atas dan naik MRT Jakarta menuju Bundaran HI. Sampai di Stasiun Blok M BCA, detikcom melakukan tap keluar di gate arah Bulungan, angka yang muncul di mesin adalah Rp 1. "Hari ini tarifnya Rp 1," ujar petugas MRT.

Naik MRT Jakarta di Ulang Tahun DKI Jakarta Cuma Bayar Rp 1Foto: Sylke Febrina/detikcom

Salah satu penumpang MRT Jakarta asal Ciputat, Rizky mengaku belum tahu jika ada promo naik MRT Jakarta atau transportasi lainnya.

"Saya belum tahu ada info cuma bayar Rp 1, nanti saya tap di stasiun Bundaran HI dulu," jelas dia.

Kemudian penumpang MRT Jakarta asal Cirendeu Veny sudah mengetahui info tersebut dari radio. "Sudah tahu hari ini tarif MRT sama TJ jadi gratis katanya, dalam rangka ultah Jakarta ya," ujarnya.

Sebelumnya diberitakan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menggratiskan tarif angkutan umum mulai dari MRT Jakarta, TransJakarta, sampai LRT Jakarta. Hal ini tercantum dalam Keputusan Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Nomor e-0076 tahun 2022.

SK itu ditandatangani oleh Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo pada 21 Juni 2022. Tarif gratis ini berlaku mulai tanggal 22 Juni 2022 sampai pukul 23.59 WIB.

Lihat juga video 'Masuk Ancol Gratis saat HUT DKI, Warga: Kalau Bisa Gratis Terus':

[Gambas:Video 20detik]





(kil/ara)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT