Lagi Berjalan, Proyek MRT Fase 2 Harus Hadapi Fakta Ini

Ilyas Fadillah - detikFinance
Selasa, 24 Mei 2022 21:46 WIB
PT MRT Jakarta melakukan manajemen rekayasa lalu lintas di sekitar kawasan Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis (25/2/2021).
Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta -

Proyek pembangunan MRT Jakarta fase 2 sedang berjalan. Fase ini berbeda dari fase sebelumnya karena pengerjaannya berada di bawah tanah.

"Fase 2 ini sepenuhnya di dalam tanah, kedalaman 20-30 meter," ujar Dirut PT MRT Jakarta (Perseroda) William Sabandar di lokasi penggalian terowongan MRT di Bundaran HI, Selasa (24/5/2022).

Menurut William tantangan pada fase kedua proyek MRT adalah kondisi tanah yang labil. Apalagi di atas lokasi penggalian berdiri bangunan cagar budaya yang harus dijaga.

William menjelaskan progres pengerjaan proyek sampai hari ini mencapai 38%. Ditargetkan pengerjaan terowongan ke Harmoni selesai pada Maret 2025, sedangkan tunnel ke kota tahun 2027.

Dari pantauan detikcom, terlihat tunnel boring machine terpasang di terowongan penggalian. William mengatakan mesin ini bekerja 24 jam melakukan pengeboran.

"Di belakang kita itu adalah tunnel boring machine yang sudah berjalan kurang lebih 200 meter menembus tanah Jakarta. Direncanakan ini akan sampai ke stasiun Thamrin. Ada tunnel boring machine yang lain dari stasiun Monas menuju titik ini," katanya kepada awak media.

Diketahui MRT sedang mengembangkan proyek fase 2A dan fase 2B. Fase 2A menghubungkan bundaran HI ke Kota, sedangkan fase 2B menghubungkan Kota ke Ancol Barat.

Lihat Video: MRT Gandeng Crossrail Inggris Garap Proyek Fase 3

[Gambas:Video 20detik]



(hns/hns)