Jokowi Diminta Terbitkan Perpres Garap Proyek MRT Lintas Provinsi

Ilyas Fadilah - detikFinance
Selasa, 24 Mei 2022 18:10 WIB
Progres pembangunan MRT Jakarta Fase 2A telah mencapai 16,56. Rute MRT Jakarta dari Bundaran HI hingga ke Kota Tua ini ditargetkan rampung pada Agustus 2027.
Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta -

Rute MRT Jakarta fase 3 akan melintasi tiga provinsi, yaitu DKI Jakarta, Banten, dan Jawa barat. Menurut Direktur PT MRT Jakarta William Sabandar, dibutuhkan kerja sama antar pihak, termasuk peraturan dari pemerintah pusat.

"Fase 3 ini panjang, bukan hanya di Jakarta saja. Jadi ini nggak bisa kerja sendiri tapi melibatkan provinsi lain yaitu Banten dan Jawa Barat," katanya dalam acara Forum Pemimpin Redaksi di hotel The Tribata Dharmawangsa, Selasa (24/5/2022).

William menyebut pihak MRT Jakarta sedang mendorong Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menerbitkan Perpres terkait pembangunan MRT lintas provinsi ini.

"Kami mengusulkan diterbitkannya peraturan presiden pembangunan MRT lintas daerah yang bukan hanya Jakarta, yaitu 3 provinsi," imbuhnya. William menjelaskan jika pihaknya mulai berbicara tentang konsorsium approach. Hal ini mencakup hal operasional da aspek bisnis lainnya.

William menyebut ada beberapa potensial pendanaan pada fase 3, diantaranya sponsor pemerintah, jaringan dari Jepang, Asian Development Bank, Europe Development Bank, dan UK Export Finance. Nilai investasinya mencapai Rp 160 triliun.

Diketahui fase 3 MRT Jakarta memiliki jalur sepanjang 87 km, menghubungkan Balaraja sampai Cikarang pada tahun 2030. Fase ini masih dalam tahapan engineering service oleh Kementerian Perhubungan, yang terdiri dari studi kelayakan dan kelengkapan lain.

Dari data yang dipaparkan pihak MRT Jakarta, sepanjang 31,7 km jalur berada di wilayah DKI Jakarta. Sedangkan 55, 3 km ada di luar Jakarta.

MRT Jakarta juga sedang menyiapkan fase 4 yang menghubungkan Fatmawati sampai Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Panjang jalur diperkirakan mencapai 12 km.

Melalui proyek fase 4 waktu tempuh antara kedua lokasi menjadi 20 menit. Namun saat ini MRT sedang melakukan analisis teknis dan finansial, terkait tipe struktur, finansial, lokasi stasiun, dan estimasi biaya konstruksi.

MRT kini fokus mengembangkan proyek fase 2A dan fase 2B. Fase 2A menghubungkan bundaran HI ke Kota, sedangkan fase 2B menghubungkan Kota ke Ancol Barat. Fase ini sedang dikerjakan oleh PT MRT Jakarta.

Simak juga 'Menhub Beberkan Catatan Mudik 2022 Jalur Darat, Udara, Hingga Laut':

[Gambas:Video 20detik]




(eds/eds)