ADVERTISEMENT

Zulhas Cek Minyak Gorang Curah: Belum 2 Minggu, Rp 14.000

Ilyas Fadilah - detikFinance
Sabtu, 25 Jun 2022 14:00 WIB
Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan meninjau sejumlah titik penjualan minyak goreng curah rakyat (MGCR) yang berada di Pasar Kramat Jati, Jakarta Timur, Sabtu,(25/6/2022), pagi. Zulhas sapaan karibnya juga meninjau stock point minyak goreng curah rakyat di Pasar Kramat Jati, Jakarta Timur.
Foto: Ilyas Fadilah/detikcom: Mendag Zulhas blusukan ke Pasar Kramat Jati
Jakarta -

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan menyebut harga minyak goreng curah di Jakarta dan Jawa Barat sudah sesuai HET, yaitu Rp 14. 000/liter atau Rp 15.500/kg. Selain itu, stok minyak goreng curah pun sudah mencukupi.

Pria yang akrab disapa Zulhas ini mengklaim penurunan harga minyak goreng curah terjadi kurang dari 2 minggu.

"Di Jawa barat dan di Jakarta, saya sudah datangi pasar banyak ke mana-mana, minyak goreng belum 2 minggu Rp 14 ribu ada barangnya. Kalau kilo Rp 15.500," ujar Zulhas saat sidak di Pasar Kramat Jati, Jakarta Timur, Sabtu (25/6/2022).

Menurutnya saat ini tidak ada lagi orang yang antre membeli minyak goreng. Selain itu, pihak pasar telah menyediakan stock point minyak goreng curah rakyat (MGCR) untuk memudahkan pembelian.

Zulhas menambahkan, untuk membeli minyak seharga Rp 14 ribu maka harus datang ke tempat yang sudah ditentukan. Menurutnya belum semua tempat bisa menyediakan sesuai harga tersebut.

"Kalau mau yang Rp 14 ribu belinya di tempat-tempat yang ditentukan, karena belum tentu semua ada. Kalau kemasan premium tentu di mana2 ada. Jadi kalau cari yang 14 ribu, kita sudah sediakan hampir 15 ribu titik. Di sini tadi hampir semua toko ada. Tapi di tempat lain, kadang-kadang dua tempat, tiga tempat," katanya.

Hasil pantauan Zulhas di Pasar Jaya Jakarta Timur menunjukkan jika harga migor curah telah stabil dengan stok memadai. "Di sini tadi hampir semua toko ada. Tapi di tempat lain, kadang-kadang dua tempat, tiga tempat (tidak ada). Saya menyaksikan harga curah Rp 14 ribu/ liter atau Rp 15.550/kg, nggak ada lagi yang antre," pungkas Zulhas.

(hns/hns)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT