ADVERTISEMENT

Kolom

Membaca Peluang Bisnis Perikanan Bagi Startup

Sakti Wahyu Trenggono - detikFinance
Senin, 27 Jun 2022 10:17 WIB
Sakti Wahyu Trenggono kkp
Menteri KKP Sakti Wahyu Trenggono. Foto: Dok. KKP
Jakarta -

Peluang usaha di bidang kelautan dan perikanan ibaratkan mata air yang tak pernah surut karena cakupannya begitu besar.

Tinggal bagaimana menjaga sumbernya agar senantiasa menghasilkan air yang berkualitas sehingga bisa terus dimanfaatkan untuk menjawab kebutuhan makhluk yang bergantung padanya.

Dari perumpamaan di atas saya mengajak kita memahami pentingnya kelestarian ekosistem perairan sebagai hulu sektor kelautan dan perikanan.

Hulu menjadi kunci karena dari sanalah komoditas perikanan tangkap maupun budidaya dihasilkan untuk selanjutnya dipasarkan, atau diolah lebih dulu sebelum akhirnya sampai ke tangan konsumen.

Kebijakan penangkapan terukur berbasis kuota di setiap Wilayah Pengelolaan Perikanan Negeri Republik Indonesia (WPPNRI) merupakan pengejawantahan dari pentingnya menjaga ekologi laut sebagai hulu sub-sektor perikanan tangkap.

Sedangkan untuk menjaga hulu sub sektor perikanan budidaya, KKP memiliki sejumlah program di antaranya pembangunan kampung perikanan budidaya berbasis kearifan lokal, serta program revitalisasi tambak tradisional menjadi lebih modern dan ramah lingkungan.

Kondisi hulu yang sehat akan menghasilkan komoditas-komoditas perikanan berkualitas dengan daya saing tinggi. Kondisi hulu yang sehat juga menjadi syarat utama usaha-usaha yang terkait di dalamnya bisa terus tumbuh dan berkembang, bahkan berlari kencang.

Atas dasar itulah, saya optimistis jika implementasi program-program prioritas di atas berjalan optimal, sangat memungkinkan menjadikan sektor kelautan dan perikanan sebagai tulang punggung ekonomi nasional di masa depan.

Dalam mencapai mimpi besar tersebut tentu banyak tantangannya. Salah satunya dari aspek teknologi karena kegiatan perikanan saat ini, utamanya yang ada di hulu masih didominasi cara-cara tradisional, bahkan ada yang tidak ramah lingkungan.

Sentuhan teknologi dibutuhkan untuk membantu proses produksi, distribusi, pengolahan, hingga pemasaran produk perikanan menjadi lebih efektif dan efesien dengan hasil optimal. Dengan teknologi juga, jalannya pengawasan sumber daya perikanan semakin kuat, keselamatan nelayan lebih terjamin, dan kelestarian lingkungan ikut terjaga.

Untuk itu, saya mengajak generasi muda yang sangat dekat dengan teknologi dan penuh kreativitas untuk berinovasi melahirkan sistem informasi maupun peralatan canggih yang dapat mendukung peningkatan produktivitas sektor kelautan dan perikanan dengan tetap mengutamakan keberlanjutan.

Jadi, tantangan yang ada sejatinya peluang usaha bagi generasi muda.

Lanjut ke halaman berikutnya



Simak Video "Asa Modal Usaha UMKM"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT