ADVERTISEMENT

Cetak Calon Wirausahawan Muda, PIP Gelar UMi Youthpreneur 2022

Inkana Izatifiqa R Putri - detikFinance
Senin, 27 Jun 2022 20:37 WIB
Pusat Investasi Pemerintah
Foto: Pusat Investasi Pemerintah

"Melihat tren jumlah penyedia lapangan pekerjaan yang tidak sebanding dengan jumlah pencari kerja, Maka pilihan alternatif untuk menjadi wirausaha dapat menjadi opsi sebagai suatu solusi," imbuhnya.

Berdasarkan data Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) mencatat hanya 3 persen anak muda/mahasiswa yang ingin menjadi pengusaha. Sementara 83 persen ingin menjadi karyawan dan 14 persen berkeinginan menjadi politisi dan bekerja di LSM.

Oleh karena itu, ia berharap UMi Youthpreneur 2022 dapat memacu anak-anak muda agar dapat berpikir kreatif dan inovatif, menggali potensi dan menumbuhkan motivasi anak muda dalam berwirausaha. Tak hanya itu, kegiatan ini juga diharapkan dapat mendorong pertumbuhan calon wirausahawan muda melalui proposal pembiayaan.

Terkait proposal, Adhita menyebutkan usai mengikuti kegiatan selama 2 hari, peserta akan diberikan waktu seminggu untuk membuat proposal bisnis dan mengumpulkannya secara online di tanggal 1 Juli 2022. Proposal akan terdiri dari dua kategori, yakni mahasiswa dan non mahasiswa.

"Proposal yang terkumpul akan dinilai berdasarkan kriteria SMART yakni Specific atau tujuan bisnisnya spesifik dan jelas; Measurable, modal usahanya terukur dengan biaya awal Rp10 juta," katanya.

Adhita menambahkan proposal juga akan dinilai secara Achievable atau rasionalisasi usaha; Relevant atau relevansinya dengan situasi anak muda atau kebutuhan masyarakat; dan Timely atau mempunyai target waktu pencapaian dan berjalannya usaha yang direncanakan.

Nantinya, pihaknya akan memilih 10 proposal pemenang untuk setiap kategori. Adapun pengumuman akan dilakukan secara online melalui akun media sosial PIP tanggal 4 Juli 2022.

Adhita mengatakan pihaknya akan mengundang pemilik proposal yang terpilih untuk mempresentasikan proposal di hadapan para juri yang berasal dari Kementrian Keuangan, PIP dan praktisi dengan kriteria penilaian yang sudah ditetapkan.

"Setelah melalui tahap presentasi, pembiayaan akan disalurkan melalui PT Pegadaian dan peserta akan mendapatkan pendampingan serta pengawasan perkembangan usaha dari tim pendamping langsung dari PIP," pungkasnya.


(akn/hns)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT