ADVERTISEMENT

RIP, Pemilik Merek Ray-Ban Meninggal Dunia

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Selasa, 28 Jun 2022 08:10 WIB
Leonardo Del Vecchio
Foto: Reuters
Jakarta -

Chairman produsen kacamata EssilorLuxottica, Leonardo Del Vecchio meninggal dunia. Salah satu pria terkaya di dunia tersebut meninggal di usianya ke 87 tahun.

"EssilorLuxottica dengan sedih mengumumkan hari ini bahwa ketuanya telah meninggal dunia," kata perusahaan seperti dikutip dari CNN, Selasa (28/6/2022).

Del Vecchio membangun bisnisnya dari nol. Ia dibesarkan di panti asuhan lalu bangkit dan mengumpulkan kekayaan hingga puluhan miliar euro.

"Leonardo Del Vecchio adalah orang Italia yang hebat. Kisahnya, dari panti asuhan hingga kepemimpinan kerajaan bisnis, tampak seperti cerita dari waktu lain. Tapi itu adalah contoh untuk hari ini dan besok. RIP," kata Komisaris Ekonomi Eropa Paolo Gentiloni dalam cuitannya.

Pengusaha Italia itu mendirikan Luxottica pada tahun 1961 dan membangun sebuah perusahaan yang memiliki merek Ray-Ban. Kemudian bisnis tersebut digabungkan dengan Essilor Prancis dalam sebuah aksi merger pada tahun 2018.

Dia tetap menjadi chairman EssilorLuxottica hingga Desember 2020, ketika ia menyerahkan kepemimpinan sehari-hari perusahaan kepada Chief Executive Francesco Milleri. Dia secara pribadi mendukung Milleri sebagai kepala raksasa produsen kacamata tersebut.

Del Vecchio merupakan orang terkaya kedua di Italia. Ia di belakang Giovanni Ferrero dari grup pembuat Nutella menurut Forbes.

Perusahaan holding Delfin-nya adalah pemegang saham terbesar di grup jasa keuangan Italia Mediobanca dan memiliki saham di bawah 10% pada perusahaan asuransi terbesar Italia Generali. Ia juga memiliki sekitar 7% dari perusahaan real estate Covivo yang terdaftar di Paris dan Milan.

"Dengan meninggalnya Del Vecchio, Milan kehilangan salah satu tokoh paling simbolis dalam sejarahnya baru-baru ini," kata Wali Kota Milan Giuseppe Sala di Twitter.

Sebagai tambahan, Forbes mencatat kekayaan Del Vecchio dan keluarganya sebesar US$ 27,3 miliar atau setara dengan Rp 404,04 triliun (asumsi kurs Rp 14.800 ). Hal itu membuatnya berada di posisi ke-52 orang terkaya di dunia.



Simak Video "Tapal Batas, Roman dari Ujung Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(acd/das)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT