ADVERTISEMENT

Beli Migor Pakai PeduliLindungi & KTP, Pedagang-Pembeli: Duh...Ribet!

Kholida Qothrunnada - detikFinance
Selasa, 28 Jun 2022 12:42 WIB
Ilustrasi Beli Minyak Goreng Pakai PeduliLindungi
Foto: Ilustrasi Beli Minyak Goreng Pakai PeduliLindungi (Luthfy Syahban/detikcom)

Hal serupa pun dialami salah satu penjaga toko yang sudah menerapkan sistem tersebut. Ketika detikcom mencoba membeli MCGR di toko tersebut, dirinya justru mengungkapkan pembeli bisa beli tanpa harus menscan barcode atau menunjukan KTP.

"Kalau mau beli minyak goreng beli aja. Nggak usah scan begitu KTP juga gakpapa lah, nggak usah, tinggal beli aja. Saya mah nggak pake begituan. Ribet. Beli aja neng langsung bayar, saya nggak ngerti," katanya.

Senada, penjaga toko yang merupakan anak pemilik Toko Handhika pun mengungkapkan walaupun aturan baru itu dibuat untuk disiplin, namun terlalu ribet. Menurutnya, akan lebih baik jika kembali seperti semua, yakni pedagang menjual minyak, lalu tinggal langsung saja dibeli pembeli.

"Bagusnya ya disiplin. Tapi, justru kalau gini ribet, kan kita biasa bungkus minyak, tinggal kasih ke yang beli. Ini kan harus pake aplikasi, tarus ada lagi yang harus kasih fotokopi KTP," ungkap anak pemilik Toko Handhika, yang lokasinya berada di area belakang lantai dasar Pasar Kramat Jati.

Menurutnya, uji coba ini baru dimulai sejak Senin (27/6) kemarin. Ia pun mengungkapkan diriya mengetahui informasi kebijakan tersebut, dari mulut ke mulut antar pedagang di sana.

"Ini kan baru dipasang kemarin. Saya tahu infonya mah dari yang lain. Sosialisasinya udah ada, tapi mah dari mulut ke mulut pedagang," ungkapnya.

Siti, penjual sempol ayam yang membeli MCGR di sana mengatakan bahwa adanya aturan ini, membuatnya harus banyak memfotokopi KTPnya.

"Mau gamau saya harus punya banyak fotokopi KTP. Lah saya kan aja kaga megang HP, di anak saya. Nggak ngerti HP juga nggak ngerti. Ibu-ibu kan taunya di dapur doang," curhat Siti.

"Alhamdulillah sekarang kan yang seenggaknya udah nurun harga. Kalau bisa beli beli aja lah. Biar nggak ribet juga di kitanya. Kemarin pernah nggak dikasih, nggak bawa fotokopi KTP, Jadi nggak dikasih, ya harus balik ke rumah lagi. Kadang males juga sih kalau harus fotokopi KTP bawa HP," sambungnya.

Toko yang Sudah Menerapkan Pembelian Minyak Goreng Menggunakan Aplikasi PeduliLindungi

Walaupun sudah ada beberapa toko yang menerapkan kebijakan baru pemerintah itu, Namun, berdasarkan pantau detikcom, masih belum banyak ditemukan warung sembako yang menyediakan fasilitas itu.

Daftar kios yang sudah mulai terapkan syarat PeduliLindungi untuk beli minyak goreng ada di halaman selanjutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT