ADVERTISEMENT

Kopi Kenangan Segera Buka Gerai Internasional Pertama, di Mana?

Shafira Cendra Arini - detikFinance
Rabu, 29 Jun 2022 11:22 WIB
Dok. Kopi Kenangan
Foto: Dok. Kopi Kenangan
Jakarta -

Kopi Kenangan segera membuka gerai internasional pertamanya tahun ini. Dengan ini, Kopi Kenangan akan menjadi brand kopi lokal asal Indonesia pertama yang membuka cabang di luar negeri.

Hal tersebut disampaikan oleh CEO & Co-Founder Kopi Kenangan, Edward Tirtanata dalam program Ask d'Boss detikcom.

"Benar sekali, karena meskipun pada waktu itu Kopi Kenangan memang sangat kecil, modalnya juga pas-pasan, tapi kita mempunyai mimpi yang sangat besar yaitu kopi dari Indonesia untuk dunia," katanya.

Edward sendiri masih enggan menyebutkan negara mana yang akan menjadi cabang internasional pertama Kopi Kenangan. Namun, dia bilang ada 2 negara yang dipilih segera dibuka tahun ini.

"Tahun ini pasti. Kita harga mati harus buka di negara baru. Dan semoga dua." katanya.

Edward mengatakan, cita rasa dari kopi nusantara sendiri, terutama dari Jawa dan Sumatera, sudah terkenal hingga ke ranah internasional. Meski begitu, yang para orang asing ini ketahui ialah melalui produk yang disajikan oleh brand internasional pula, yang diekspor dalam bentuk komoditas.

"Kita tanya bule di Eropa atau di Amerika, mereka juga tahu gitu ya Kopi Java, Sumatera, mereka tahu, dan enak begitu ya. Cuma, mereka tahunya dari gerai kopi yang dari Amerika dan Eropa, brand internasional gitu ya. Sementara kita merasa, lah kalo kopi dari Java dan Sumatera enak banget, kok nggak ada brand kopi dari Indonesia?" tuturnya.

Dari sanalah, Edward beserta rekan-rekannya ingin mencoba untuk membawa brand-nya ini hingga ke luar negeri. Hal ini juga masih sejalan dengan salah satu moto Kopi Kenangan 'For Mantan to Unicorn and Beyond'.

"Beyond nya tuh kita berharap bahwa kita bisa jadi publik company yang multinasional. Bukan hanya di Jawa saja, sampai dengan luar Jawa, luar Indonesia, sampai di luar Asia juga," tambahnya.

Kopi Kenangan juga mau jual sahamnya di pasar modal, selengkapnya di halaman selanjutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT