ADVERTISEMENT

Ask d'Boss

Sad... Ini Arti di Balik Logo Merek Kopi Kenangan

Shafira Cendra Arini - detikFinance
Rabu, 29 Jun 2022 14:27 WIB
Dok. Kopi Kenangan
Foto: Dok. Kopi Kenangan
Jakarta -

Brand kopi lokal Indonesia, Kopi Kenangan, terkenal dengan salah satu menu andalannya yaitu Kopi Kenangan Mantan. Siapa sangka, makna tragis nan mendalam tidak hanya dihadirkan lewat menu andalannya itu tetapi juga lewat logo yang menjadi trademark mereka.

Sebut saja logo hati berwarna merah yang terlihat seperti 'dipping heart' itu. Di balik grafiknya yang terlihat imut dan khas, ternyata sebelumnya logo tersebut menggambarkan hati yang berdarah-darah.

"Awalnya nih, sejujurnya itu hati yang berdarah, karena kenangan mantan. Kenangan mantan tuh berdarah-darah," ujar CEO sekaligus Founder Kopi Kenangan, Edward Tirtanata kepada detikcom, Senin (20/06/2022).

Bahkan, Edward mengatakan logo tersebut sempat mengalami sedikit perubahan di pertengahan sehingga tidak terlalu memberikan kesan tragis. Perubahan tersebut menurutnya tidak terlalu terlihat sehingga kebanyakan customer tidak menyadarinya.

"Sekarang kita ubah, grafiknya sih ga se-tragis dulu ya. Dulu kaya keliatan banget ini hati yang berdarah-darah. sekarang jadi dripping heart, diplesetin dari darah menjadi sesuatu yang dipping. tanpa customer sadari itu ada perubahan logo," tuturnya.

Kekhasan yang dimiliki oleh logo ini tentunya menjadi salah satu buah hasil ide kreatif Edward bersama rekan-rekannya untuk membuat Kopi Kenangan menjadi brand yang diingat dan menarik masyarakat untuk mencobanya. Pun pada saat itu, belum ada brand kopi yang mengusung tema dan konsep sentimental seperti Kopi Kenangan.

"Jadi kita melakukan hal tersebut karena kita harus stand out, kita harus be different dan alhasil ternyata dengan mencoba menjadi berbeda kita akhirnya bisa sampai dengan hari ini," tambah Edward.

Perjuangannya pun berbuah manis. Kini, gerai kopi yang dimulai dari lahan seluas 12 meter persegi ini sudah memiliki 740 gerai, dan akan terus bertambah setiap harinya. Bahkan, Kopi Kenangan baru saja memecahkan rekor Muri dengan membangun 26 toko dalam satu minggu.

"Kita dulu 6 bulan susah payah membuat Kopi Kenangan, membuka satu toko. Sampai akhirnya kita sampai hari ini buka satu toko per hari dan kita baru saja memecahkan rekor Muri, kita membangun 26 toko dalam satu minggu," ujar Edward dengan sangat antusias.

Dirinya berharap, di akhir tahun ini gerai Kopi Kenangan berhasil mencapai 1.000 toko yang tersebar di pelosok negeri, hingga menjadi kedai kopi terbesar di Indonesia.



Simak Video "Kopi Kenangan, Si 'Raja Kopi' Asia"
[Gambas:Video 20detik]
(zlf/zlf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT