Nggak Ada yang Ketiga! Tax Amnesty Jilid II Berakhir 23.59 WIB

ADVERTISEMENT

Nggak Ada yang Ketiga! Tax Amnesty Jilid II Berakhir 23.59 WIB

Anisa Indraini - detikFinance
Kamis, 30 Jun 2022 19:15 WIB
Tax Amnesty Berakhir
Foto: Tim Infografis, Fuad Hasim
Jakarta -

Program Pengungkapan Sukarela (PPS) alias tax amnesty jilid II berakhir hari ini 30 Juni 2022 pukul 23.59 WIB. Pemerintah memastikan tidak ada lagi program sejenis pada tahun mendatang.

"Ini berulang lagi nggak kira-kira? I will say no, nggak ada lagi pengulangan. Nggak ada yang ketiga," kata Direktur Jenderal Pajak Suryo Utomo dalam acara Last Call PPS, Kamis (30/6/2022).

Suryo mengajak wajib pajak yang kurang atau belum sepenuhnya mendeklarasikan harta agar bergabung dalam tax amnesty jilid II di detik-detik terakhir ini. Pasalnya terdapat sanksi sebesar 200% atas harta yang kurang atau belum diungkap.

"Daripada nanti nggak bisa tidur," candanya.

Denda sebesar 200% bakal dijatuhkan ketika Kementerian Keuangan menemukan harta wajib pajak yang tidak atau belum dilaporkan dalam Surat Pernyataan Harta (SPH) usai mengikuti tax amnesty jilid II.

Atas tambahan harta itu, maka dikenai pajak penghasilan (PPh) sesuai dengan Pasal 4 PP 36/2017. Tarif PPh yang harus dibayar wajib pajak badan sebesar 25%, wajib pajak orang pribadi sebesar 30%, dan wajib pajak tertentu sebesar 12,5%.

Rumusan sanksinya adalah tarif PP 36/2017 x nilai harta baru + sanksi UU TA 200%.

Untuk diketahui, tax amnesty jilid II sudah dimulai sejak 1 Januari 2022. Suryo menjelaskan selama 6 bulan ini pihaknya telah rajin bersosialisasi dengan masyarakat termasuk di Sabtu-Minggu. Soal hasilnya, pihaknya berharap mendapat hasil sebanyak-banyaknya.

"Car free day kita manfaatkan di setiap tempat itu, mal yang ramai teman-teman 'permisi saya mau buka counter PPS di situ boleh ya' boleh silakan pagi siang sore malam. Saya kadang-kadang suka keliling saja iseng saya keliling dari jauh lihat anak-anak saya alhamdulillah untuk terus menjaga komunikasi dengan masyarakat tentang PPS ini," imbuhnya.

(aid/dna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT