ADVERTISEMENT

Menteri PANRB Tjahjo Kumolo Meninggal di RS Abdi Waluyo

Anisa Indraini - detikFinance
Jumat, 01 Jul 2022 11:46 WIB
Jakarta -

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo meninggal dunia pada pukul 11.00 WIB di Rumah Sakit (RS) Abdi Waluyo, Jakarta Pusat.

Kabar duka ini disampaikan oleh Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana.

"Innalillaahi wa inna ilaihi rojiun. Allahumaghfir lahu warhamhu wa'āfihi wa'fu 'anhu wa akrim nuzülahu waj'alijannata matswāh. Al-Fātihah. Telah kembali keharibaan Allah Yang Maha Pengasih dan Maha Memiliki HambaNya Bapak Tjahjo Kumolo Menteri PAN dan RB Pada pukul WIB 11.10 WIB di RS Abdi Waluyo, Jakarta," bunyi pesan Bima, Jumat (1/7/2022).

Sosok Tjahjo bukan orang baru dalam pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Sudah dua kali Jokowi menunjuk Tjahjo sebagai menteri di dua tempat yang berbeda. Bagaimana sepak terjangnya?

Dalam catatan detikcom, pria kelahiran Surakarta 1 Desember 1957 itu tercatat sebagai anggota DPR 'abadi', karena menjadi legislator selama enam periode. Dia mulai menjadi anggota DPR sejak tahun 1987. Kala itu dia menjadi anggota Komisi II, III dan BKSAP DPR RI dari Fraksi Partai Golongan Karya.

Dia kembali terpilih menjadi anggota DPR pada tahun 1992, dan 1997. Pada tahun 1999 dia kembali lolos ke Senayan, kali ini dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan. Setelah itu mantan Ketua Umum DPP KNPI 1990-1993 itu selalu terpilih menjadi anggota DPR dari partai berlambang banteng moncong putih.

Nah di PDI Perjuangan, Tjahjo kerap dipercaya untuk memegang posisi strategis. Antara lain Ketua Badan Pemenangan Pemilihan Umum, hingga yang tertinggi adalah menjabat sebagai Sekretaris Jenderal.

(ara/fdl)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT