ADVERTISEMENT

Mengenang Sosok Tjahjo Kumolo, Dipercaya Jokowi 2 Kali Jadi Menteri

Kholida Qothrunnada - detikFinance
Jumat, 01 Jul 2022 11:51 WIB
Jakarta -

Menteri PAN-RB Tjahjo Kumolo dikabarkan meninggal dunia. Kabar tersebut dikonfirmasi oleh Wakil Ketua Komisi II DPR Junimart Girsang.

"Iya (meninggal dunia)," kata Junimart saat dihubungi, Jumat (1/7/2022).

Junimart mengatakan mendapat informasi dari Kepala BKN. Dia menyebut Tjahjo Kumolo meninggal pukul 11.10 WIB.

Bicara soal Tjahjo Kumolo, sosoknya bukan orang baru dalam pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Sudah dua kali Jokowi menunjuk Tjahjo Kumolo sebagai menteri di dua tempat yang berbeda.

Pria kelahiran Surakarta 1 Desember 1957 itu tercatat sebagai anggota DPR 'abadi', karena menjadi legislator selama enam periode. Dia mulai menjadi anggota DPR sejak tahun 1987. Saat itu dia menjadi anggota Komisi II, III dan BKSAP DPR RI dari Fraksi Partai Golongan Karya.

Dia kembali terpilih menjadi anggota DPR pada tahun 1992, dan 1997. Pada tahun 1999 dia kembali lolos ke Senayan, kali ini dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan. Setelah itu mantan Ketua Umum DPP KNPI 1990-1993 itu selalu terpilih menjadi anggota DPR dari partai berlambang banteng moncong putih.

Nah di PDI Perjuangan, Tjahjo Kumolo kerap dipercaya untuk memegang posisi strategis. Antara lain Ketua Badan Pemenangan Pemilihan Umum, hingga yang tertinggi adalah menjabat sebagai Sekretaris Jenderal.

Tjahjo memperoleh gelar Sarjana Hukum dari Universitas Diponegoro, Semarang pada tahun 1985. Dia juga lulusan Lembaga Pertahanan Nasional, Jakarta pada 1994.

Di dalam kabinet, jejak Tjahjo Kumolo dimulai di tahun 2014. Dia ditunjuk Presiden Jokowi untuk menjabat Menteri Dalam Negeri (Mendagri) sejak tahun 2014 hingga tahun 2019, atau tepatnya selama masa periode pertama Jokowi menjabat.

Tjahjo juga sempat menjadi pelaksana tugas alias Plt Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia di akhir masa jabatan periode pertama Jokowi. Dia menjabat sebagai Plt selama 20 hari, dari 1 hingga 20 Oktober 2019.

Di periode kedua Jokowi, Tjahjo Kumolo kembali masuk jajaran kabinet. Dia didapuk sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB). Hingga hari ini posisinya belum tergantikan.

Tjahjo Kumolo Sempat Dirawat

Untuk diketahui, Tjahjo Kumolo sempat sakit. Politikus senior PDIP itu tengah menjalani perawatan intensif di rumah sakit. Tjahjo Kumolo tidak dalam kondisi koma saat menjalani perawatan.

"Betul Bapak Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Tjahjo Kumolo sedang sakit dan dirawat di rumah sakit," ujar Sekretaris KemenPAN-RB Rini Widyantini kepada wartawan, Jumat (24/6).

Rini tidak menyebutkan secara rinci penyakit yang diderita Tjahjo. Rini mengatakan Tjahjo memerlukan perawatan intensif hingga kondisinya stabil. "Beliau tidak koma, namun harus menjalani perawatan secara intensif sampai kondisi keseluruhan stabil dan membaik," tuturnya.

Tjahjo Kumolo Alami Infeksi Paru-paru

Sementara itu, Putri Tjahjo Kumolo, Rahajeng Widyaswari sempat menyampaikan ayahnya mengalami infeksi yang menyebar sampai ke paru-paru. Saat itu, Tjahjo dirawat secara intensif. "Ada infeksi yang menyebar sampai ke paru-parunya," kata Rahajeng saat dikonfirmasi detikcom, Minggu (26/6).

Kendati demikian, Rahajeng memastikan kondisi ayahnya saat ini makin stabil. Dia membantah isu yang menyebut ayahnya mengalami koma.

"Sekarang kondisi Bapak sudah membaik dan cenderung stabil. Intinya bukan seperti yang beredar yang mengatakan Bapak koma atau tidak sadarkan diri, itu tidak benar," ujarnya.

(fdl/das)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT