ADVERTISEMENT

Canda Bahlil ke Erick Thohir: Cocok Jadi Pemimpin Rakyat Kecil

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Rabu, 06 Jul 2022 17:13 WIB
Bahlil Lahadalia
Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia. Foto: Achmad Dwi Afriadi
Solo -

Menteri Investasi Bahlil Lahadalia memuji-muji Menteri BUMN Erick Thohir dalam acara penyerahan nomor induk berusaha (NIB) ke ratusan pelaku usaha mikro dan kecil (UMK) perseorangan yang digelar di Solo hari ini. Bahkan, Bahlil menyebut Erick cocok sebagai pemimpin rakyat kecil.

Bahlil mulanya memuji pidato Erick Thohir yang menginspirasi. Kemudian, ia menyebut Erick sebagai sosok yang go international dan telah menjalankan bisnis hingga miliaran dolar Amerika Serikat (AS).

Setelah itu Bahlil sambil bercanda menyatakan bahwa Erick cocok untuk menjadi pemimpin rakyat kecil "Tapi hari ini kok terenyuh hati saya ngomongnya UMKM. Memang bapak ini cocok pemimpin untuk rakyat kecil," tuturnya sambil tersenyum di Solo, Rabu (6/7/2022).

Lebih lanjut, Bahlil meminta agar pelaku usaha tak minder sebagai UMKM. Sebab, UMKM berperan besar pada perekonomian nasional.

"Karena apa, UMKM ini memegang peran ekonomi 61% terhadap GDP nasional kita. Lapangan pekerjaan dari total 131 juta di Indonesia, kontribusinya dari UMKM 120 juta," ujarnya.

Bukan hanya itu, ia menuturkan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga berasal dari UMKM.

"Tidak hanya itu, pemimpin bangsa kita sekarang Bapak Presiden Jokowi juga dimulai dari UMKM dan Pak Walikota, pemimpin masa depan juga memulai daripada UMKM," ujarnya.

Pada kesempatan itu, Erick Thohir menyebut, pemerintah telah menyediakan akses pembiayaan UMKM melalui kredit usaha rakyat (KUR) sebesar Rp 338 triliun pada tahun ini. Angka itu naik dari Rp 260 triliun.

Dia bilang, pembiayaan ini akan semakin mudah diakses dengan hadirnya NIB.

"Dengan proses yang dimudahkan dengan sistem OSS dan NIB, selama ini pembiayaan UMKM sulit mendapatkan data, sekarang lebih terbuka untuk mendapatkan data sehingga tepat sasaran," ujarnya.



Simak Video "Jokowi Tunjuk-tunjuk Bahlil di Depan CEO Jepang, Ada Apa?"
[Gambas:Video 20detik]
(acd/das)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT