ADVERTISEMENT

Holding BUMN Jasa Survei Genjot Pengadaan Infrastruktur di NTT

Ignacio Geordi Oswaldo - detikFinance
Kamis, 07 Jul 2022 09:50 WIB
BUMN Jasa Survei
Foto: Dok. Istimewa
Jakarta -

Holding BUMN Jasa Survei atau IDSurvey menyalurkan bantuan pengadaan air bersih, penyambungan listrik baru, fasilitas MCK dan buku bacaan siswa untuk Desa Papagarang, Nusa Tenggara Timur.

IDSurvey merupakan Holding BUMN Jasa Survei, yang terdiri dari PT Biro Klasifikasi Indonesia (Persero), PT SUCOFINDO dan PT Surveyor Indonesia.

Deputi Sumber Daya Manusia dan Teknologi Informasi Kementerian BUMN, Tedi Bharata mengatakan, arahan Menteri BUMN Erick Thohir bahwa TJSL BUMN harus terintegrasi, terarah dan akuntabel.

"Dengan kolaborasi antar BUMN, diharapkan TJSL BUMN dapat menjangkau lebih luas dan terintegrasi. Program TJSL itu dampaknya harus terasa dan sustain. Tidak bisa sembarang beri program. Perlu perhatikan mana yang memberikan dampak baik dan sustainability-nya," jelasnya dalam keterangan tertulis, Kamis (7/7/2022).

Lebih lanjut dipaparkan, bahwa BUMN memiliki komitmen bersama untuk menyediakan sarana air bersih dan sanitasi layak di daerah 3 T, yaitu Terdepan, Terluar dan Terpencil di Indonesia.

Dirut PT Biro Klasifikasi Indonesia (Persero) Rudiyanto mengatakan IDSurvey sesuai arahan Kementerian BUMN melakukan seleksi pemberian bantuan, dan diprioritaskan diantaranya kepada daerah 3 T, setelah dievaluasi, maka pulau Papagarang memenuhi kriteria tersebut.

Dan dengan kolaborasi diantara 3 (tiga) BUMN Jasa Survei, maka diadakan program TJSL di Desa Papagarang tersebut dan kedepannya IDSurvey akan selalu memprioritaskan program-program TJSL lainnya untuk masyarakat di daerah lain yang membutuhkan perhatian.

Program unggulan IDSurvey tersebut berupa Bantuan Penyambungan Listrik Gratis Bagi Masyarakat Kurang Mampu dan Pembangunan Sarana Air Bersih, Pembangunan MCK dan Bantuan Buku Bacaan Siswa diberikan kepada masyarakat Desa Papagarang, Manggarai Barat, NTT.

"Dapat kami sampaikan bahwa kolaborasi IDSurvey kali ini meliputi 5 (lima) program yang mendukung SDGs, yaitu program Indonesia Terang yang mendukung SDGs no. 7 terkait Energi Bersih dan Terjangkau, selanjutnya program Air Sumber Kehidupan dan program Penyediaan Sarana MCK yang mendukung SDGs no. 6 terkait Air Bersih dan Sanitasi Layak, dan terakhir adalah program Literasi Buku sebagai Jendela Informasi dan program Peduli Guru Honorer yang mendukung SDGs no.4 terkait Pendidikan Berkualitas," tutup Rudiyanto.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT