ADVERTISEMENT

Kenalin Nih Afiliator Toko Online, Lagi Hits di Kalangan Anak Muda

Shafira Cendra Arini - detikFinance
Jumat, 08 Jul 2022 14:22 WIB
Ilustrasi Belanja Online
Ilustrasi Toko Online. Foto: Shutterstock/
Jakarta -

Pernah nggak sih waktu iseng buka media sosial, tiba-tiba liat postingan orang yang promosikan toko online? Atau lagi nonton content creator kesayangan, eh tiba-tiba dia share kode promo belanja e-commerce? Itu merupakan kerjaan dari para afiliator toko online.

Afiliator toko online adalah sebuah profesi baru yang saat ini tengah digandrungi para kaum milenial yang mengincar penghasilan tambahan. Tugasnya? Cukup sederhana, yaitu promosikan produk toko online melalui akun media sosial pribadi.

Salah satu hal yang membuat profesi ini kian menarik ialah mereka yang berminat menjadi afiliator tidak perlu memiliki akun media sosial dengan pengikut yang banyak. Peluang ini juga terbuka untuk para pemula.

Para content creator ini bisa mempromosikan barang jualan di akun media sosial YouTube, Instagram, TikTok, Twitter sampai Facebook. Untuk kontennya sendiri, para afiliator diberi kebebasan untuk berkreasi selama produk memenuhi syarat dan ketentuan toko. Dari sanalah, mereka akan mendapatkan komisi per penjualan.

Nampaknya sebagian besar e-commerce dalam negeri telah menyediakan program affiliate marketing untuk mendukung performa penjualannya. Seperti halnya yang dilakukan Shopee, Tokopedia, dan Bukalapak.

Shopee

Salah satu dari program tersebut ialah Shopee Affiliates Program. Dikutip dari laman website Shopee, pihaknya mengklaim bergabung dengan Shopee Affiliates Program mudah dan tidak ada kontrak yang mengikat. Cara kerjanya pun sangat mudah dan sederhana, hanya dengan menyebarkan custom link produk yang ingin dipromosikan.

Pada laman tersebut, disebutkan Shopee Affiliates Program ini akan memberikan keuntungan ketika bergabung. Mulai dari Komisi tetap dari 2,5% hingga 10% untuk produk Shopee Mall, Supermarket, Star+ & Star*.

"Lalu ada juga komisi ekstra hingga Rp 2,2 juta di atas komisi tetap," tulis aturan Shopee, dikutip Jumat (08/07/2022).

Selanjutnya ada juga bonus Rp 1,85 juta untuk 1.200 pesanan pertama hingga komisi 15% dari Shopee Affiliates Team. Shopee menyebutkan syarat dan ketentuan berlaku. Batas komisi tetap per transaksi valid adalah Rp 10 ribu.

Lanjut di halaman berikutnya untuk mengetahui program affiliate di Tokopedia dan Bukalapak.



Simak Video "Korban Binomo Sebut Afiliator Awalnya Pemain yang Kalah"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT