Pengertian Afiliator Toko Online, Cara Daftar hingga Jumlah Komisi

ADVERTISEMENT

Pengertian Afiliator Toko Online, Cara Daftar hingga Jumlah Komisi

Shafira Cendra Arini - detikFinance
Sabtu, 09 Jul 2022 10:47 WIB
Ilustrasi belanja online
Ilustrasi/Foto: Shutterstock
Jakarta -

Di zaman yang serba digital seperti sekarang menghasilkan uang bisa dengan berbagai cara. Salah satunya lewat media sosial dengan menjadi afiliator toko online.

Afiliator toko online adalah seseorang bisa bekerja sama dengan toko online untuk bisa mendapatkan uang tambahan dari mempromosikan produk. Cara promosinya dengan membagikan atau share link produk penjualan.

Menariknya, calon afiliator ini tak diwajibkan punya banyak follower atau pengikut di media sosial. Bahkan untuk kontennya sendiri, mereka diberi kebebasan selama memenuhi syarat dan ketentuan produk yang ingin dipromosikan.

Ingin tahu lebih lanjut mengenai profesi ini? Yuk simak rangkuman informasinya sebagai berikut.

Cara Jadi Afiliator Toko Online

Sebagian besar e-commerce dalam negeri telah menyediakan program affiliate marketing untuk mendukung performa penjualannya. Seperti halnya yang dilakukan Shopee dan Tokopedia. Berikut detikcom rangkum melalui situs resmi dari kedua e-commerce tersebut.

Cara bergabung Shopee Affiliates Program:
1. Akses shopee.co.id/aff pada browser Anda atau cari "Shopee Affiliates Program" pada fitur Pencarian di aplikasi Shopee.
2. Isi informasi yang dibutuhkan secara rinci dan benar.
3. Setelah berhasil mendaftar, tunggu selama maksimal 3 (tiga) hari kerja untuk mendapatkan email konfirmasi dan notifikasi di aplikasi Shopee.
4. Setelah itu, Anda dapat mulai mendapatkan komisi dengan mempromosikan produk-produk Shopee menggunakan link Affiliate.
5. Promosi dapat dilakukan dengan menyebar custom link melalui akun media sosialmu, bisa di Instagram, Youtube, Facebook, hingga TikTok.

Cara daftar Tokopedia Affiliate Program:
1. Buka aplikasi Tokopedia, lalu ke bagian 'Semua Kategori. Kamu juga bisa daftar melalui website.
2. Klik Tokopedia Affiliate untuk membuka portal Tokopedia Affiliate.
3. Klik Daftar Sekarang
4. Isi data berikut untuk Daftar Affiliate, lalu klik Selanjutnya.
5. Setujui syarat dan ketentuan.
6. Selesai! kamu sudah bergabung di Tokopedia Affiliate
7. Kamu bisa langsung share link Tokopedia Affiliate dan promosikan produk melalui media sosialmu.

Berapa Sih Komisinya?

Para content creator yang tergabung dalam program bisa mempromosikan barang jualan di akun media sosial YouTube, Instagram, TikTok, Twitter sampai Facebook. Dari sanalah, mereka akan mendapatkan komisi per penjualan. Dengan demikian, semakin banyak jumlah penjualan melalui link yang mereka sebarkan, semakin tinggi komisi yang mereka peroleh.

Berikut detikcom rangkum informasi seputar keuntungan yang didapat melalui affiliate program dari Shopee dan Tokopedia.

1. Shopee Affiliate Program
Pada laman resmi Shopee, disebutkan bahwa Shopee Affiliates Program ini akan memberikan berbagai keuntungan ketika bergabung. Mulai dari Komisi tetap dari 2,5% hingga 10% untuk produk Shopee Mall, Supermarket, Star+ & Star*.

"Lalu ada juga komisi ekstra hingga 2,2 juta di atas komisi tetap (dari penjual)," tulis aturan Shopee, dikutip Jumat (08/07/2022).

Tidak berhenti sampai di situ, Shopee juga menawarkan bonus Rp 1,850 juta untuk 1.200 pesanan pertama dan bonus komisi 15% dari Shopee Affiliates Team.

Di sisi lain, Shopee memberikan keterangan tambahan menyangkut komisi tersebut. Tertulis bahwa batas komisi tetap per transaksi valid adalah Rp 10.000. Pun komisi baru dapat diproses jika sudah mencapai minimal Rp 10.000 itu. Apabila belum mencapai Rp 10.000, maka pembayarannya akan ditunda dan digabungkan dengan komisi di jadwal berikutnya.

2. Tokopedia Affiliate Program
Sementara itu, Tokopedia Affiliate Program juga menawarkan keuntungan yang tidak jauh berbeda. Dengan program ini pengguna bisa meraup komisi jutaan rupiah dengan klik & share, tanpa minimum followers.

Tokopedia menawarkan komisi hingga 10% per penjualan dan Rp 50 per kunjungan terverifikasi (jumlah klik pada link). Meski demikian, pihaknya juga mencantumkan nilai komisi yang dapat diperoleh maksimal di Rp 50.000 untuk setiap kategori per penjualan.

Tokopedia memberikan komisi yang berbeda menyangkut kategori barang yang dipromosikan. Sebut saja untuk makanan dan minuman memperoleh persenan komisi tertinggi yaitu 10%. Dilanjutkan dengan dengan kategori kecantikan, fashion, dan rumah tangga yang nilai komisinya di 8%, dan seterusnya.
Dari program ini, pengguna bisa mempromosikan produk apa saja selama produk tergabung dalam Power Merchant (PM), Power Merchant Pro, dan Official Store (OS) yang menggunakan layanan Tokopedia Affiliate.

Melalui situsnya, Tokopedia juga menyampaikan komisi apa saja yang termasuk sah dan mana yang tidak sah. Contohnya, perihal kunjungan terverifikasi. Pihaknya menyampaikan bahwa yang termasuk sah ialah kunjungan dari pengguna yang sudah login akun Tokopedia. Dan yang termasuk golongan tidak sah ialah kunjungan dari pengguna yang belum login, bot, atau kunjungan lain yang melanggar syarat dan ketentuan.

Tips mendongkrak pendapatan sebagai afiliator toko online di halaman berikutnya. Langsung klik

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT