ADVERTISEMENT

Jangan Salah, Ini Bedanya Afiliator Toko Online dan Binomo cs

Shafira Cendra Arini - detikFinance
Jumat, 08 Jul 2022 16:08 WIB
Ilustrasi Belanja Online
Ilustrasi Belanja Online. Foto: Shutterstock/
Jakarta -

Belakangan ini, sempat ngetren di jagat dunia maya mengenai profesi afiliator toko online. Profesi ini dianggap menjadi sarana yang mudah dalam memperoleh uang tambahan. Meski demikian, istilah 'afiliator' sendiri sempat ternodai dengan kasus hukum yang menjerat para afiliator binary option. Lantas sebenarnya apa yang membedakan kedua profesi tersebut?

Afiliator sendiri merupakan cara mengembangkan bisnis dengan memanfaatkan sosialisasi secara terarah yang dilakukan oleh individu. Seorang afiliator harus mempromosikan produk atau jasa dari perusahaan tertentu hingga bisa menarik masyarakat. Keuntungan yang didapat afiliator biasanya berasal dari komisi per transaksi.

Belakangan ini konsep afiliator ini tak hanya dimanfaatkan oleh binary option yang ilegal di Indonesia, tapi juga oleh perusahaan e-commerce. Afiliator toko online ini merupakan trik marketing yang biasa disebut dengan affiliate marketing.

Namun keduanya tentu berbeda. Berikut perbedaan antara afiliator binary option dan afiliator toko online.

Afiliator Binary Option

Afiliator Binary Option lebih berfokus untuk mengajak masyarakat untuk menjadi member dan bertransaksi di aplikasi binary option. Dengan kata lain produk yang ditawarkan ialah trading binary option itu. Sedangkan Binary Option sendiri merupakan sistem trading ilegal dengan mekanisme seperti judi.

Mengejutkannya, afiliator binary option ini sepertinya lebih mengharapkan para trader kalah. Sebab diduga komisi yang didapatkan afiliator binary option didapatkan jika trader-nya kalah. Bila trader kalah maka si afiliator bisa mendapatkan bagian 70% dari duit yang ditanam si nasabah atau trader.

Di sisi lain, banyak masyarakat yang tertarik menjadi membernya karena flexing yang dilakukan oleh para afiliator tersebut. Pun masyarakat yang mendaftarkan diri menjadi member tidak mendapatkan informasi yang jelas dan pasti seputar perputaran uangnya.

Afiliator Toko Online

Sedangkan Afiliator Toko Online adalah sebuah profesi di mana seseorang bisa bekerja sama melalui program resmi perusahaan atau toko online untuk bisa mendapatkan uang tambahan dari mempromosikan produk. Trik ini merupakan bagian dari afiliate marketing.

Yang menarik, para calon affiliate ini tidak diwajibkan memiliki akun media sosial dengan jumlah pengikut yang banyak. Mereka pun diberi kebebasan dalam hal berkreasi membuat konten. Bahkan, mereka juga dapat memilih jenis produk apa saja yang mau mereka promosikan selama produk tersebut masuk ke dalam kategori yang sesuai dengan program.

Meski demikian, syarat dan ketentuannya jelas dan terstruktur. Dijelaskan juga secara detail mengenai mekanisme pendaftaran dan skema keuntungannya seperti apa. Pun masyarakat yang tertarik mengikuti program harus mendaftarkan diri pada laman resmi yang nantinya juga akan diverifikasi oleh pihak perusahaan.

Itulah perbedaan antar afiliator binary option dan afiliator toko online. Yang paling membedakan keduanya adalah perihal legalitas kegiatan, di mana jelas sekali binary option tidak legal, lain halnya dengan afiliator toko online. Jadi nggak perlu khawatir lagi kalau mau gabung di affiliate program dari e-commerce.



Simak Video "Pakar Komunikasi Ungkap Alasan Banyak yang Kepincut Investasi di Binomo"
[Gambas:Video 20detik]
(das/das)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT