ADVERTISEMENT

Harga Bawang Merah di Jakarta Tembus Rp 80.000/Kg, di Brebes Dijual Segini

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Kamis, 14 Jul 2022 10:39 WIB
Harga Bawang Merah di Jakarta Rp 80.000/Kg, Petani di Brebes Jual Berapa?
Harga Bawang Merah di Jakarta Tembus Rp 80.000/Kg, di Brebes Dijual Segini/Foto: Herdi Alif Al Hikam/detikcom
Brebes -

Harga bawang merah di Jakarta masih tinggi sempat menyentuh Rp 80.000 per kilogram (kg). Pasokannya didapatkan dari Brebes yang terkenal sebagai daerah penghasil bawang merah.

Sebetulnya berapa harga bawang merah pada tingkat petani yang ada di Brebes? detikcom mendatangi salah satu sentra penjualan bawang merah di Pasar Sengon Tanjung, Brebes. Pasar ini menjadi pusat jual beli bawang merah dan cabai. Petani, pengepul, hingga distributor berkumpul di pasar itu.

Dari pantauan detikcom, Rabu (13/7/2022), hiruk pikuk pasar sudah dimulai sejak pukul 7.00 WIB. Berpuluh-puluh karung bawang merah dibawa para pengepul kecil maupun petani. Nampak juga aktivitas penyortiran dan pembersihan bawang merah yang dilakukan sebelum dikirim ke luar Brebes.

Casrinah, salah satu petani yang ditemui detikcom mengatakan saat ini harga bawang merah berada di rentang Rp 40.000-50.000 per kg. Semua tergantung dari jenisnya, paling mahal adalah jenis bawang merah super, namun Casrinah hanya menjual bawang merah biasa.

Menurutnya angka segitu sedang turun karena harga bawang merah di tingkat petani pernah menyentuh Rp 60.000 per kg beberapa waktu lalu.

"Sekarang masih Rp 40.000-45.000, kalau supernya bisa sampai Rp 50.000. Tapi sekarang lagi turun, kemarin mau lebaran Idul Adha itu sampai Rp 60.000 per kilo," kata Casrinah saat berbincang dengan detikcom.

Meski begitu, saat ini Casrinah tidak membawa bawang merahnya ke pasar. Casrinah yang memiliki ladang di Limbangan mengatakan terakhir panen pada April, sekarang ia masih menunggu panen berikutnya yang mungkin dilakukan pada akhir bulan ini.

Selama menunggu panen bawang merah, Casrinah berjualan cabai yang awalnya dibeli di Pasar Sengon Tanjung dan dijual ke berbagai tempat. "Saya kalau musim tanam coba jual cabai, ngambil dari sini jual ke tempat lain, kadang ke Bandung dan daerah dekat sini," katanya.

Di lain pihak, Nur seorang pengepul besar yang ada di Pasar Sengon Tanjung mengatakan saat ini harga beli bawang merah berada di level Rp 40.000 per kg untuk kategori super. Sedangkan bawang merah kualitas biasa ada di bawahnya.

"Di sini yang super Rp 40.000, yang biasa di bawahnya, Rp 37-38 ribuan," kata Nur.

Nur biasa membeli bawang merah dari bakul atau pengepul kecil. Pengepul ini mendapatkan bawang merah dari para petani. Nantinya, Nur membawa bawang merah ke pasar, mulai dari Bandung hingga Tangerang.

Simak video 'Bawang Merah di Jakarta Tembus Rp 80 Ribu/Kg, Petani Ungkap Sebabnya':

[Gambas:Video 20detik]



Harga bawang merah naik turun. Berlanjut ke halaman berikutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT