ADVERTISEMENT

Forum Menkeu G20 Bali: Rusia Hadir Fisik, Ukraina Virtual

Aulia Damayanti - detikFinance
Jumat, 15 Jul 2022 13:36 WIB
Presidensi G20 Indonesia
Foto: Kemenkominfo
Jakarta -

Pertemuan Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral atau Finance Ministers & Central Bank Governors Meeting (FMCBG) G20 dimulai dari hari ini 15 sampai 16 Juli 2022. Dalam pertemuan ini, dihadiri oleh delegasi asing secara fisik dengan jumlah terbesar selama Presidensi G20 Indonesia.

Berdasarkan informasi yang didapat detikcom, di lokasi, perwakilan dari Rusia hadir secara fisik. Dalam pertemuan itu dihadiri oleh buah dari Presiden Rusia Vladimir Putin yakni Wakil Menteri Keuangan Rusia Timur Maksimov. Sementara Ukraina hanya hadir secara virtual.

"Dalam kesempatan ini, Presidensi G20 Indonesia kembali mengundang Menteri Keuangan Ukraina untuk hadir secara virtual. Kehadiran mayoritas negara G20, negara terundang (invitees) dan organisasi internasional secara fisik di Bali menunjukkan keseriusan dan komitmen global untuk mendukung Presidensi G20 Indonesia," tulis keterangan resmi pemerintah dan Bank Indonesia, Jumat (15/7/2022).

Adapun total Menkeu yang hadir fisik ada 17 orang, diikuti dengan 11 Gubernur Bank Sentral dari berbagai negara pula. Pertemuan ini merupakan pertemuan ketiga FMCBG pada jalur keuangan (finance track) di bawah Presidensi Indonesia, setelah sebelumnya diselenggarakan pada bulan Februasi 2022 di Jakarta dan April 2022 di Washington DC.

"Secara akumulatif sebanyak 407 delegasi asing hadir secara fisik di Bali dan 120 delegasi hadir secara virtual. Di samping itu, tercatat 18 Menteri Keuangan dan 11 Gubernur Bank Sentral hadir secara fisik,"

Adapun 17 Menteri Keuangan delegasi G20 yang hadir yakni, Menteri Keuangan RI Sri Mulyani Menteri Keuangan Afrika Selatan Enoch Godongwana, Menteri Keuangan Amerika Serikat (AS) Janet Yellen, Menteri Keuangan Arab Saudi Muhammad Al-Jadaan, Menteri Keuangan Australia Josh Frydenberg, dan Menteri Keuangan India Nirmala Sitharaman.

Kemudian Menteri Keuangan Italia Daniele Franco, Menteri Keuangan Jerman Christian Lindner, Menteri Keuangan Jepang Shinichi Suzuki, Menteri Keuangan Korea Selatan Choo Kyung-ho, Wakil Perdana Menteri merangkap Menteri Keuangan Kanada Chrystia Freeland.

Lalu, Menteri Keuangan Prancis Bruno Le Maire, Menteri Keuangan Turki Nureddin Nebati, Menteri Keuangan Uni Eropa, dan Menteri Keuangan Belanda.

Sementara itu, 11 Gubernur Bank Sentral yang hadir yakni berasal dari Afrika Selatan, Arab Saudi, Australia, Belanda, India, Indonesia, Inggris, Jepang, Jerman, Korea Selatan, dan Prancis.

Sebelumnya Menkeu AS Janet Yellen mengatakan bahwa Rusia tidak punya tempat dalam kehidirannya di G20 Bali. Keterangan itu disampaikan Yellen dalam konferensi pers di Nusa Dua, Bali.

Yellen menilai sebab invasi yang dilakukan oleh Rusia telah memberikan dampak buruk bagi ekonomi global yakni kenaikan harga energi dan krisis pangan. Bahkan serangan Rusia dinilai ilegal dan melanggar hukum internasional.

"Perwakilan dari rezim Putin tidak memiliki tempat di forum ini," katanya dalam konferensi pers di Nusa Dua, Bali, Kamis (14/7/2022).



Simak Video "Cair Pekan Depan! Pemerintah Sebar Bansos Tambahan Rp 24 T"
[Gambas:Video 20detik]
(zlf/zlf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT